BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Desa Penatih Dangin Puri (Dangri) menggelar berbagai lomba menyemarakkan rangkaian Bulan Bahasa Bali, Minggu (3/2/2019) kemarin. Lomba dibuka Kasi Kesra Kecamatan Denpasar Timur, Ni Ketut Rasmin.

perbekel Desa Panatih Dangri Puri, I Wayan Kamar, mengatakan, lomba yang digelar meliputi lomba nyurat aksara Bali, lomba ngewacen aksara Bali, mesatua Bali dan lomba macecimpedan. Lomba diikuti puluhan peserta terdiri dari siswa SD yang ada di Desa Penatih Dangin Puri yakni SDN 2 Penatih dan SDN 4 Penatih, serta seka teruna dan ibu-ibu PKK.

Kamar menambahkan, pelaksanaan Bulan Bahasa Bali yang pertama ini mengacu pada tema sentral yakni  bertajuk “Nangun Sat Kerthi Loka Bali Malarapan Antuk Ngrajegang Bahasa, Aksara lan Sastra Bali”.  Lomba ini sekaligus untuk menyosialisasikan Peraturan Gubernur Bali No. 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali dan Peraturan Gubernur Bali No. 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Menurut Kamar didampingi Kadus Bekul, I Wayan Nada, Kadus Gunung, I Made Artana, Kadus Mertasari, I Made Sutaya, Kadus Laplap Tengah I Wayan Sudiarta, Kadus Laplap Kauh, I Made Adnyana, Kadus Taman, I Wayan Setiawan dan Kadus Pohmanis, I Wayan Gde Purna, busana adat dan bahasa merupakan unsur budaya sangat penting yang merupakan identitas manusia Bali. “Bahasa dan Aksara merupakan intinya Budaya Bali dan menjadi dasar dalam pembangunan di berbagai bidang,” ujarnya.

Ia pun mengingatkan agar Bahasa Bali tak semata diterapkan dalam ajang-ajang tertentu seperti Bulan Bahasa Bali atau perlombaan, namun dapat diterapkan dalam komunikasi sehari-hari. “Jangan malu berbahasa Bali dan berbusana Bali, harus bangga karena itu identitas kita,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Kesra Kecamatan Denpasar Timur, Ni Ketut Rasmin  mengatakan kegiatan Bulan Bahasa Bali ini merupakan momentum yang sangat strategis dan langkah konkret dalam usaha pelestarian dan pengembangan Bahasa Bali. Ia menyebutkan, Kota Denpasar dibawah kepemimpinan IB Rai Dharmawijaya Mantra dan IGN Jaya Negara terus konsisten dalam menjaga dan mengembangkan kebudayaan Bali yang adi luhung. Salah satunya yakni pelestarian tentang Bahasa, Aksara dan Sastra Bali.

Para juara lomba menyemarakkan rangkaian Bulan Bahasa Bali di Desa Penatih Dangri mendapatkan piala dan piagam penghargaan. Piala dan piagam penghargaan diserahkan Perbekel Desa Penatih Dangin Puri, I Wayan Kamar bersama kepala dusun.

Lomba nyurat aksara Bali, juara I diraih Ni Wayan Febriyanti, juara II Komang Mustika dan juara III Komang Ebya Erliyanti. Lomba ngewacen aksara Bali, juara I diraih Ni Putu Tia Pertiwi, juara II Ni Putu Ayu Rumiartini, dan juara III Adenelan Savitri. Untuk lomba satua Bali, juara I diraih Ni Made Suryatni, juara II, AA anom Sawitri, dan juara III Ni Wayan Asri Sulastri. (tis/bpn)

loading...