Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, I Wayan Gunawan, mendorong diterapkannya pembelajaran melalui sistem daring (online) atau e-learning dalam dunia pendidikan. Kendati diterapkan secara bertahap pada sekolah-sekolah pilot project, namun saat ini Kota Denpasar telah memulai untuk menerapkan e-learning dengan menerapkan proses pembelajaran daring yang berbasis elektronik.

“E-learning yakni pembelajaran yang berbasis elektronik yang dilakukannya tidak sekaligus tapi bertahap di Kurikulum 2013. Jadi sekolah yang melaksanakan e-learning masih uji coba juga, tetapi nanti perlahan-lahan kita arahkan semua ke sana,” katanya, Rabu (23/1/2019).

Baca Juga :  Dukung Program Deligi, TP PKK Kota Denpasar Jajaki Kerja Sama dengan Unmas Denpasar

Dengan penerapan e-learning maka secara otomatis akan mengurangi adanya pemakaian dan pengeluaran anggaran alat tulis kantor, mempermudah kontrol, mempermudah orang tua dalam melakukan pemantauan terkait pembelajaran siswa.

“Dengan menggunakan e-learning mudah kontrolnya. Kalau ada koreksi gampang, bisa diakses daring, orang tua juga bisa memantau anaknya, kalau misalnya siswa mendapat nilai jelek, orang tua juga bisa langsung tahu, bahkan materi pembelajaran hari ini apa, masuk jam berapa, siapa gurunya, juga semua bisa ketahuan,” katanya.

Dikatakannya, penerapan e-learning ini lebih bagus, terlebih lagi untuk mendukung Kota Denpasar sebagai smart city atau kota cerdas. Namun demikian, tidak semua sekolah bisa menerapkan e-learning. Pasalnya, sebelum menerapkan e-learning, maka sekolah harus siap sarana dan prasarananya.

Selain itu, dalam penerapan e-learning juga harus merubah mindset masyarakat terkait e-learning itu sendiri. Untuk tingkat SMP Di Denpasar, yang mulai menerapkan e-learning di antaranya, SMPN 3 Denpasar dan SMP PGRI 2 Denpasar. Sedangkan untuk penerapannya untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) akan dilakukan secara bertahap. (tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News