Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Hari Suci Galungan dimaknai sebagai kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (keburukan), yang jatuh setiap Budha Kliwon Wuku Dunggulan yang tahun ini jatuh pada  tanggal 1 Nopember 2017. Sementara Hari Suci Kuningan jatuh pada Saniscara Kliwon Wuku Kuningan yang jatuh pada tanggal 11 Nopember 2017.

Serangkaian menyambut Hari Suci Galungan dan Kuningan, Pemerintah Kota Denpasar juga menggelar berbagai kegiatan diantaranya pasar murah, peningkatan pengawasan pemotongan hewan ternak, serta memfasilitasi para warga KRB Gunung Agung dalam berbagai kegiatan menyambut Hari Suci. Tampak juga umat Hindu telah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut Hari Suci Galungan dan Kuningan, begitu juga di Kota Denpasar berbagai persiapan telah tampak terlihat dilakukan oleh masyarakat Kota Denpasar.

Baca Juga :  Bale Santai Honda Hadir Sepekan di Selabih

Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota I.G.N Jaya Negara disela-sela kegiatan kemasyarakatan dan kepemerintahan, Minggu (29/10) di Denpasar menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Suci Galungan dan Kuningan kepada seluruh masyarakat dan umat se-Dharma di Kota Denpasar. Dalam momentum ini, Rai Mantra dan Jaya Negara mengajak masyarakat menjadikan Hari Suci Galungan dan Kuningan untuk senantiasa selalu meningkatkan srada bhakti kehadapan Ida Shang Hyang Widi Wasa. Selain itu Rai Mantra dan Jaya Negara mengajak masyarakat untuk selalu mulat sarira serta mempererat tali persaudaraan dan tali silaturahmi antar masyarakat.

 “Jadikanlah spirit Hari Suci Galungan dan Kuningan ini menjadi modal pembangunan Kota Denpasar. Melalui pijakan penguatan ajaran Dharma ke masyarakat yang akan mampu menimbang langkah kehidupan ke arah yang lebih baik,” kata Rai Mantra.

Baca Juga :  Tingkatkan Produktivitas Sektor Pertanian, PLN Ajak Petani Beralih ke Mesin Listrik

Selain itu, ditengah percepatan Pembangunan Kota Denpasar diberbagai bidang dengan pijakan bersama dalam ajaran Dharma akan mampu membawa beribu harapan masyarakat dan Pemerintah mengarahkan pembangunan Denpasar untuk kemanfaatan masyarakat yang berkelanjutan.

Rai Mantra juga mengingatkan krama Denpasar dalam menjalankan dan merayakan kemenangan Dharma melawan Adharma agar berjalan dengan aman, khidmat dan penuh rasa kebersamaan. Tingginya rasa kebersamaan yang selama ini ditunjukan masyarakat sangat membantu Pemerintah dalam melaksanakan berbagai program yang telah digulirkan Pemerintah Kota Denpasar.

Baca Juga :  Tekan Kasus DBD, Denpasar Laksanakan Fogging Serentak

Rai Mantra dan Jaya Negara juga  mengajak masyarakat Denpasar dalam memaknai kesucian Galungan dan Kuningan selalu dengan berpikir, berkata dan berbuat yang baik. Untuk itu, masyarakat diajak dapat memanfaatkan waktu sehingga tidak mengurangi produktifitas dalam bekerja dan dapat menjalankan swadarmanya masing-masing.

Akhir kata Rai Mantra dan Jaya Negara mengucapkan Selamat menjalankan Hari Suci Galungan dan Kuningan kepada seluruh masyarakat Kota Denpasar. (ngurah/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :