Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah sebesar Rp. 5,90 Miliar untuk Desa Adat Mengwitani dan Desa Adat Beringkit. Penyerahan dana tersebut dilakukan saat menghadiri upacara penganyaran, karya ngenteg linggih di Pura Merajapati Dukuh Gong, Desa Adat Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Jumat (6/10/2017) lalu.

Kehadiran Bupati didampingi Anggota DPRD Badung Nyoman Satria, Camat Mengwi I Gst Ngr Gede Jaya Saputra, Muspika Kec. Mengwi, Wakil Ketua DPC PDIP Badung I Bagus Alit Sucipta, Perbekel Mengwitani Putu Sumardika, Bendesa Adat Mengwitani dan Beringkit, serta tokoh masyarakat.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta sangat mengapresiasi krama Adat Mengwitani yang telah melaksanakan pembangunan pura merajepati termasuk wantilan sekaligus melaksanakan karya. Menurut Bupati, krama Desa Adat Mengwitani dan Desa Adat Beringkit telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Badung. Kata Bupati, bahwa simpul pembangunan di Badung adalah mulai dari masyarakat banjar, untuk itu Bupati siap mendukung dan bertanggung jawab atas pembangunan di banjar maupun di desa Mengwitani dan Beringkit, sehingga kedepan desa-desa di Badung menjadi desa berdikari dan mandiri yaitu desa yang mampu berdiri diatas kaki sendiri.

“Kami Pemkab. Badung komit melaksanakan percepatan pembangunan di desa, karena simpul pembangunan ada di desa,” tegasnya.

Baca Juga :  Dies Natalis Ke-46 Politeknik Pariwisata Bali, Ajak Semua Civitas Perkuat Kebersamaan

Bendesa Adat Mengwitani Putu Wendra mengatakan, pengempon Pura Merajapati Mengwitani terdiri dari 8 (delapan) banjar adat dengan jumlah 630 KK. Pihaknya telah melaksanakan pembangunan pura dari Januari 2016- Juli 2017, dengan menghabiskan dana fisik Rp. 1,150 miliar dan dana upacara Rp. 800 juta. “Kami telah melaksanakan Karya Ngenteg Linggih, Mepedudusan Alit, Caru Balik Sumpah yang puncaknya pada purnama kapat, Kamis (5/10) lalu, ” terangnya.

Atas nama krama desa adat, Putu Wendra juga menyampaikan terima kasih kepada bapak Bupati Badung dan DPRD Badung Nyoman Satria yang telah membantu dana hibah Rp. 5,90 miliar untuk pembangunan di Desa Adat Mengwitani dan Beringkit. Adapun tujuan dana ini akan pakai, Rp. 2 miliar untuk pembangunan Pura Penataran Mengwitani, Rp. 1,810 miliar, untuk pembangunan Banjar Menak Beringkit, Rp.1,60 miliar untuk pembangunan Banjar Pengadangan Beringkit, Rp. 400 juta untuk upacara Karya Ngenteg Linggih Mepedudusan Alit Caru Balik Sumpah dan Rp. 30 juta untuk pesantian Desa Adat Mengwitani.

Baca Juga :  KPK Observasi Program Percontohan Kabupaten Antikorupsi di Badung

Ditambahkan, bahwa Program PPNSB Pemkab Badung sudah sangat dirasakan masyarakat Mengwitani dan  Beringkit. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya bantuan yang telah diterima seperti bantuan mobil pecalang, dana aci serta dana pembangunan yang sekaligus dapat meringankan beban masyarakat.

“Kami atas nama krama sangat berterima kasih atas bantuan Bupati dan DPRD Badung di Desa Mengwitani. Semenjak Bapak Nyoman Giri Prasta menjadi Bupati, kami di Desa Mengwitani sudah banyak dibantu yang jumlahnya telah mencapai Rp.10 miliar. Tentunya kami harapkan Bupati terus memberikan tuntunan serta bantuan untuk kelanjutan pembangunan di desa Mengwitani. Kami bersama masyarakat akan selalu siap mendukung program Bupati dan Pemkab. Badung,” terangnya. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News