Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT STT Dharma Kerti ke-31 Br. Kambang, Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, ditampilkan Tari Janger yang merupakan inovasi dari STT Dharma Kerti.

Acara ini dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, anggota DPRD Badung IB. Made Sunarta, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Badung I Bagus Alit Sucipta, Tripika Kecamatan Abiansemal, Perbekel Bongkasa I Ketut Luki, Bendesa Adat serta tokoh masyarakat, bertempat di Balai Banjar Kambang, Bongkasa, Rabu (25/10/2017).

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan, generasi muda hendaknya ikut berperan serta dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Berbagai hal positif seperti menyama braya perlu diperkuat, sehingga terbentuk persatuan dan kesatuan antar generasi muda.

“Generasi muda harus selalu mengasah diri dengan tidak pernah lelah menimba ilmu dan menjauhkan diri dari hal-hal yang bersifat negatif, seperti; mabuk-mabukan, geng motor, pergaulan bebas serta narkoba dan narkotika, karena para generasi muda merupakan aset Bangsa,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sea-Doo Can-Am Bali, Fasilitas Service Centre BRP Resmi di Pulau Dewata Bali

Lebih lanjut Giri Prasta menyampaikan, program-program yang telah dilakukan, seperti proses lahir, hidup, mati yang satu-satunya ada di Kabupaten Badung. Lahir, cukup membawa nama, masalah akte kelahiran dan biaya rumah sakit ditanggung Pemerintah. Setelah itu hidup, kalau tertimpa sakit biaya berobat semuanya ditanggung Pemerintah dan setelah mati mendapat santunan serta akte kematian, dan perubahan KK.

Di sektor lainnya Bupati juga mengambil kebijakan mulai 2017 PBB bagi masyarakat di Kabupaten Badung gratis serta ada santunan penunggu pasien kelas III dengan nilai maksimal Rp. 5 juta. Mulai tahun 2017 ini masalah pendidikan di Kabupaten Badung juga sudah gratis, siswa SD kelas V dan kelas VI mendapat Laptop serta siswa SD dan SMP kelas I mendapatkan kostum lengkap. Untuk memotivasi semangat STT Dharma Kerti, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberikan punia dengan jumlah total Rp. 27 juta, dengan Rp. 15 juta berasal dari punianya pribadi.

Baca Juga :  TNI dan Masyarakat Pakraman Ubung Gotong-royong di Pura Dalem

Sementara itu Ketua STT Dharma Kerti, I Wayan Nuki melaporkan, jumlah anggota STT Dharma Kerti sebanyak 126 orang dan memiliki program akan melaksanakan Tirta Yatra ke Pura-Pura Sad Kahyangan, mengadakan Pasukadukan terhadap anggota STT yang telah Greasta Asrama, membina generasi muda dalam seni tabuh, membangun Lapangan Volly, melaksanakan rapat setiap bulan, membuat Tari Janger dan melakukan ayah-ayahan bhakti mereresik di Kahyangan dan telajakan banjar.

Dalam rangka menyambut HUT STT Dharma Kerti ke-31, banyak kegiatan yang telah dilakukan seperti, lomba PKK menangkap belut, jalan santai dan lomba untuk anak-anak. Adapun dana yang dihabiskan untuk melakukan kegiatan ini sebesar Rp. 25 juta yang berasal dari kas STT, sumbangan masyarakat banjar dan bantuan dari anggota DPRD Badung IB. Made Sunarta. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :