Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – UGM berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melibatkan ASEAN University Network on Higher Education for Quality Assurance (AUN-QA) untuk mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di UGM. Kali ini, dua program studi di UGM akan dinilai oleh AUN-QA. Penilaian penjaminan mutu kualitas akademik tersebut dilakukan pada prodi Fisika Teknik (Fakultas Teknik) dan prodi Manajemen Kebijakan Publik (FISIPOL)

Proses penilaian akan berlangsung selama tiga hari pada 3-5 Oktober 2017. Para asesor dari AUN akan melaksanakan penilaian melalui kegiatan audiensi bersama dengan pengelola prodi, karyawan, serta mahasiswa. Selain itu juga melakukan kunjungan ke berbagai fasilitas kampus seperti perpustakaan, laboratorium, klinik kesehatan kampus, serta fasilitas lainnya.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Gelar Workshop Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka

Rektor UGM, Prof.Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., menyampaikan bahwa mendapatkan akreditasi internasional, termasuk melalui AUN-QA merupakan salah satu upaya untuk mempercepat danmeningkatkan rekognisi UGM ditingkat global. Disamping melalui peningkatan publikasi ilmiah dan penelitian.

“Kami berharap melalui penilaian AUN-QA ini bisa berjalan lancar dan hasil yang baik untuk meningkatkan kualitas prodi,” katanya, Selasa (3/10/2017) saat menerima kunjungan Asesor AUN-QA di Ruang Multimedia UGM.

Ditambahkan Panut, penilaian yang dilakukan AUN-QA ini diharapkan tidak hanya bisa untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran saja. Namun, kedepan dapat menyiapkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing di tingkat intrenasional serta berkontribusi bagi negara dan kesejahteraan dunia.

Sementara Exceutive Director AUN-QA, Prof.DR. Nantana Gajaseni menuturkan sejak tahun 2009 lalu AUN-QA telah memberikan sertifikasi pada 33 program studi S1 di UGM. Selanjutnya saat ini proses sertifikasi dilakukan pada dua prodi yaitu Fisika Teknik dan Manajemen Kebijakan Publik. Sehingga dengan adanya penilaian ini tercatat terdapat 35 prodi yang mendapatkan penilaian dari AUN-QA.

Baca Juga :  Dua Model Hybrid Terbaru Honda Raih Penghargaan Bergengsi di Ajang Otomotif Award 2024

“Belum lama di bulan Mei 2017 lalu kita melakukan penilaian di UGM pada tiga prodi. Kali ini kami kembali lagi ke UGM untuk menilai dua prodi,” paparnya.

Sertifikasi yang dilakukan oleh AUN-QA merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi secara internasional. Sertifikasi diberikan bagi program studi yang mengalami peningkatan kulitas sesuai dengan standar AUN-QA.

“Semoga penilaian yang dilakukan nantinya bisa menghasilkan rekomendasi yang konstruktif bagi kemajuan prodi di UGM,”harapnya.

Penilaian kali ini berbeda dengan yang dilakukan sebelumnya. Dalam penilaian terdahulu menggunakan 15 kriteria penilaian, sedangkan kali ini hanya menggunakan 11 kriteria dalam mengukur kesiapan setiap prodi. Adapun kriteria tersebut diantaranya Expected Learning Outcomes, Programme Specification, Programme Structure and Content, Teaching and Learning Approach, Student Assessment, Academic Staff Quality, Support Staff Quality, Student Quality Support, Facilities and Infrastructure, Quality Enhancement, dan Output. (humas-ika/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News