Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri kembali menganugrahkan penghargaan untuk Pemerintah Kabupaten Badung atas keberhasilannya membina desa-desa di wilayah Kabupaten Badung.

Adapun penghargaan yang diberikan berupa Upakarya Wanua Nugraha. Penghargaan ini diterima Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa yang diserahkan langsung Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Dr. Nata Irawan, SE, M.Si mewakili Kementerian Dalam Negeri.

Penyerahan penghargaan ini digelar bersamaan dengan acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat tingkat nasional di The Media Hotel and Towers Jakarta, Senin malam (2/10/2017) malam. Turut mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Putu Gede Sridana.

Disela-sela penyerahan penghargaan,  Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Badung mengapresiasi penghargaan Upakarya Wanua Nugraha 2017 yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui kementerian dalam negeri.

Baca Juga :  Gandeng Tiga Perempuan Hebat, IndoLinen Gelar Talkshow untuk Edukasi dan Inspirasi

“Ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah pusat atas keseriusan Pemerintah Kabupaten Badung dalam melakukan pembinaan terhadap seluruh desa dan kelurahan di Badung ,” ungkap Suiasa.

Lebih lanjut Suiasa mengatakan desa dan kelurahan  merupakan bagian penting dalam pembangunan Badung . “Dengan majunya desa yang ditandai dengan adanya geliat ekonomi kerakyatannya serta  lahirnya inovasi-inovasi akan memberi dampak  yang positip  bagi warganya. Dampak ini  diharapkan  sebagai penguatan untuk tumbuhnya desa mandiri di Badung. Hal ini diharapkan  dapat mendorong masyarakat berusaha di desanya dan tidak beramai-ramai pergi ke kota untuk mencari nafkah. ” kata Suiasa.

Baca Juga :  Pilkada Badung 2024, Gusde Mahendra: Pemuda Badung Selektif Menentukan Pilihan

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Putu Gede Sridana menyampaikan, penghargaan yang diterima Kabupaten Badung ini merupakan perhargaan tertinggi atas keberhasilan Badung membina desa.

“Atas keberhasilan ini, pola pembinaan desa di Badung ini dipakai rule model dalam membangun desa-desa di indonesia. Dan beberapa desa di Badung dijadikan laboratorium desa oleh pemerintah Pusat. Untuk Provinsi Bali disamping Kabupaten Badung, kota denpasar juga mendapat penghargaan yang sama sehingga Propinsi Bali juga memperoleh trophy atas keberhasilan ini,” paparnya.

 Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Kemendagri RI, Dr. Eko Prasetyanto PP yang juga merupakan ketua pelaksana panitia kegiatan ini  menyampaikan Upakarya Wanua Nugraha ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang dianggap berhasil melakukan pembinaan terhadap desa dan kelurahannya sehingga berhasil meraih juara lomba desa dan kelurahan di tingkat nasional.

Baca Juga :  Bandara I Gusti Ngurah Rai Gelar Posko Angkutan Udara Idul Fitri 1445 H, Akan Layani Sebanyak 1.012.005 Penumpang

Seleksi dilakukan terhadap 279 kandidat dari tingkat provinsi, kota dan kabupaten dengan bobot penilaian diantaranya keberhasilan dalam lomba lurah/desa tingkat nasional serta keberhasilan menggerakkan partisipasi dan inovasi masyarakat diwilayahnya. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News