Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Kabupaten Tabanan jadi salah satu rujukan bagi Pemkab Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan, untuk berguru soal sistem pengairan, Senin (21/8/2017). Rombongan dari Pinrang dipimpin Bupati Aslam Patonangi.

Rombongan Bupati Pinrang diterima Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, di ruang kerjanya. Studi dilakukan di ruang pertemuan lantai III Kantor Bupati Tabanan.

Bupati Aslam mengungkapkan keinginan untuk melihat secara langsung Desa Wisata Pinge, terutama keberadaan areal persawahan bertingkat di Desa Jatiluwih yang ditetapkan sebagai bagian dari subak, warisan budaya dunia, berikut dengan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH).

Terkait itu, Bupati Eka selaku tuan rumah menjelaskan bahwa sektor agraris di Tabanan berkembang karena ditunjang sisi adat masyarakat yang masih sangat kuat, khususnya dalam bidang pertanian dengan subak yang merupakan sistem tata kelola air dan pertanian tradisional masyarakat Bali.

Baca Juga :  19 Jurnalis Ikuti Banking Journalist Academy (BJA) 2017

“Sistem tersebut bisa diadopsi Pinrang dengan membuatkan kelompok-kelompok tani yang mengurus irigasi. Pada sistem itu juga diberlakukan aturan yang mengikat tiap anggota kelompok,” ujar Bupati Eka. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :