BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Luar biasa. Kalimat itulah yang sangat tepat untuk menggambar event Sesetan Karnaval yang diprakarsai LPM Kelurahan Sesetan. Kegiatan yang digelar serangkaian HUT ke-72 Kemerdekaan RI, HUT LPM dan Pekan Olahraga Kelurahan (Porkel) sejak 13-17 Agustus 2017 di Lapangan Argo Soka, selalu dipadati puluhan ribu masyarakat Sesetan.

Apresiasi luar biasa terselenggaranya Sesetan Karnaval yang mengambil tema ‘’Indahnya Kebersamaan’’ juga disampaikan Camat Denpasar Selatan, A.A Gede Risnawan, didampingi Lurah Sesetan, Ni Ketut Sri Karyawati, SKM.,Mkes., saat menutup Sesetan Karnaval, Kamis (17/8/2017) malam. Risnawan mengatakan bahwa tema “Indahnya Kebersamaan” yang diusung pada momen Sesetan Karnaval ini membawa makna yang cukup mendalam untuk menjadikan masyarakat Bali agar tetap berlandasan pada idiologi Pancasila berlandaskan kebinekaan Tunggal Ika.

Baca Juga :  Gubernur Koster Apresiasi CSR PT Bank Mandiri Guna Dukung Desa Adat di Bali

Risnawan menyebut, LPM Kelurahan Sesetan sukses mensinergikan ini dengan budaya. Hal ini perlu dilanjutkan dan ditiru masyarakat lain, sehingga makin banyak cara kita mengekspresikan rasa bangga berbangsa.

Malam penutupan Sesetan Karnaval, selain diisi dengan pembagian hadiah dan piala kepada pemenang lomba, juga bertaburan hiburan. Saat itu ditampilkan Barongsai Mutiara Naga Tanah Kilap, juga ditampilan rebana dari PKK Kampung Bugis.

Menariknya, juga dipentaskan janger inovatif yang dikembangkan oleh Banjar Pegok Sesetan. Janger inovatif yang memadukan kesenian janger dan dolanan yang dibawakan anak-anak usia dini ini, mengambil lakon “Kedis Sangsyah Teken I Bojog’’. Dan hiburan puncak menampilkan Lolot Band.

Ketua Panitia Sesetan Karnaval, Dr. I Made Suarta, S.H., M.Hum., mengatakan dalam Sesetan Karnaval ini ada lima jenis kegiatan yang digelar. Meliputi, olahraga di antaranya, tarik tambang, hadang PKK dan STT, deduplak berpasangan, dagongan, terompah dan tenis meja serta jalan santai melibatkan 20 ribu peserta.

Baca Juga :  Walikota Rai Mantra Serahkan Pin Penghargaan Orange Ekonomi Award Tahun 2020

Selain itu, untuk lomba kesenian dilombakan tari sekar jempiring, tari rejang renteng, tari janger dan bondres. Pada Sesetan Karnaval ini juga diisi pegelaran musik band top Bali, musik DJ, fashion show, dan hiburan lainnya. Untuk tema pendidikan pada acara Sesetan Karnaval dilombakan cerdas cermat antar SD se-wilayah Sesetan.

Di bidang kesehatan diadakan cek kesehatan gratis. Tak kalah seru adalah Pekenan Lais Meseluk yang penampilan UMKM Sesetan untuk menyajikan kreativitas mereka dalam stand ekonomi kreatif dan kuliner.

Made Suarta yang juga Rektor IKIP PGRI Bali ini menambahkan, Sesetan Karnaval ini dipakai momentum untuk memotivasi masyarakat agar semakin bergairah menyambut dan merayakan HUT Kemerdekaan RI. Tak kalah penting untuk merajut kebhinekaan dan memompa semangat anak muda mencintai NKRI dan Pancasila. ‘’Kita harapkan bersama dari Sesetan kita galang persatuan, bela negara, cinta NKRI dan Pancasila,’’ tegasnya. (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :