BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri upacara piodalan di empat pura, Kamis (6/7/2017). Keempat pura tersebut adalah Pura Luhur Dhang Kahyangan Srijong di Selemadeg, Pura Luhur Tamba Waras di Penebel, serta Pura Puseh dan Pura Dalem Desa Adat Kota Tabanan.

Wakil Ketua Panitia Piodalan di Pura Srijong, Made Sujana, mengatakan, puncak piodalan di Pura Luhur Dhang Kahyangan Srijong dilaksanakan pada Rabu lalu, dan prosesi nyineb akan dilakukan pada Minggu mendatang.

“Puncak acara berlangsung Rabu kemarin, nganyarin selama empat kali dari Kamis hingga Minggu. Para pengayar datang dari empat kecamatan di Tabanan, yakni Kecamatan Pupuan, Selemadeg Timur, Selemadeg, dan Selemadeg Barat. Pada hari Minggu dilakukan prosesi nyineb,” terangnya.

Baca Juga :  Puluhan Kendaraan Knalpot Brong Diamankan Polres Klungkung

Dia menyebut biaya yang dikeluarkan untuk upacara piodalan ini kurang lebih Rp 75 juta, yang didapatkan dari iuran dan punia. “Iuran Rp 1,5 juta per kecamatan untuk biaya ngayarin, dan Rp 15.000 per KK. Pengempon terdiri dari sembilan desa pakraman dan 10 subak. Total pengeluaran upacara sekitar Rp 75 juta,” ungkapnya. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :