Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Serangkaian karya piodalan di Pura Kantor Camat Abiansemal, Sabtu (29/7/2017) lalu dilaksanakan upacara mecaru, melaspas lan mendam pedagingan. Upacara yang dipuput Ida Pedanda Istri Kania Griya Kajeng Abiansemal tersebut, dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, didampingi Kabag Humas Putu Ngr. Thomas Yuniarta, Camat Abiansemal I Gst Ngr. Surya Jaya beserta Tripika Kecamatan Abiansemal.

Hadirnya Wabup. Suiasa guna ikut ngrastitiang agar pelaksanaan yadnya berjalan dengan baik, sekaligus mendem pedagingan di pelinggih padmasana. Usai mendem pedagingan dilakukan persembahyangan bersama guna memohon keselamatan dan kesejahteraan.
Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Surya Jaya, mengatakan upacara pecaruan, melaspas dan mendem pedagingan ini merupakan rangkaian karya piodalan, mupuk pedagingan, ngenteg linggih dan mepedudusan alit di Kantor Camat Abiansemal yang puncaknya dilaksanakan pada buda wage/cemeng kelawu, Rabu, 2 Agustus 2017 mendatang.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda, Ciptakan Generasi Mandiri dan Berdaya Saing

Upacara ini bertujuan menyucikan bangunan/pelinggih pura tempat berstananya ida bhatara. Upacara pecaruan lan pemelaspas dilaksanakan di pelinggih padmasana, pelinggih penunggun karang serta bangunan rumah dinas Camat yang berada di belakang kantor Camat.

Pada upacara tersebut juga dipentaskan tari wali topeng sidakarya. Karya ini digelar, tidak terlepas dari selesainya pembangunan pura termasuk Kantor Camat Abiansemal. Diharapkan melalui upacara ini, para karyawan/karyawati khususnya yang bertugas di Kantor Camat Abiansemal senantiasa diberikan keselamatan dan kesejahteraan sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News