Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa melepas sekitar 3.00 peserta Gowes Pesona Nusantara (GPN) di Kabupaten Tabanan, Minggu (30/7/2017). Acara tersebut merupakan agenda dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), sebagai bagian dari promosi Asian Games 2018. Ada juga sekitar 1.500 orang peserta jalan santai.

Pembukaan GPN di Tabanan diawali dengan senam gowes dan prosesi pemberian tanah dan air dari Pemkab Tabanan kepada Kemenpora, yang diiringi dengan kesenian khas Tabanan, okokan. Dihadiri Kadis Pendidikan Tabanan I Wayan Adnyana, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Prof. Dr. Faisal Abdullah, dan para OPD terkait.

Baca Juga :  Polsek Sawan Perketat Pengawasan Pelabuhan Sangsit dan Obyek Vital Lainnya

Bupati Tabanan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wirna Ariwangsa, mengapresiasi penyelenggaraan GPN di Tabanan. Menurutnya, GPN merupakan implementasi gerakan “Ayo Olahraga”, guna menciptakan pembudayaan olahraga di masyarakat.

“Kegiatan ini kami harapkan dapat menggelorakan, mengajak, menggerakkan, dan memotivasi masyarakat melakukan gaya hidup sehat melalui aktivitas olahraga, khususnya dengan bersepeda,” ungkapnya.

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora pun mengapresiasi peserta GPN di Kabupaten Tabanan. Menurut Faisal Abdulah, jumlah peserta di Kabupaten Tabanan lebih banyak dibandingkan dengan kabupaten lain. Dia berharap agar olahraga dijadikan alat pemersatu bangsa.

“Saya salut melihat antusias para peserta di Kabupaten Tabanan. Saya harap, tahun depan kegiatan ini dapat diselenggarakan lagi di Tabanan. Dengan olahraga, kita dapat menyatukan bangsa, meningkatkan persaudaraan dan menyejahterakan rakyat,” ujarnya.

Baca Juga :  Jaya Negara Tinjau Persiapan TPS Pilkel Serentak Kota Denpasar

Begitu juga dengan Kadis Pendidikan Tabanan, yang mengatakan bahwa untuk menyukseskan perhelatan GPN di Kabupaten Tabanan, telah melakukan prosesi pengambilan tanah dan air di Pura Luhur Batukaru dan di Pura Ulundanu Beratan, Kamis (27/7) lalu.

Para peserta GPN di Tabanan menempuh jarak sekitar 20 kilometer. Rute dimulai dari depan Kantor Bupati Tabanan, lanjut ke Jalan Gajah Mada, Tuakilang, Tunjuk, Marga, Kediri, Sanggulan, dan kembali lagi di Kantor Bupati Tabanan. Para peserta juga antusias hingga tiba di garis akhir, guna mengikuti acara pengundian hadiah. Hadiah utama berupa sebuah sepeda motor, dua sepeda gunung, serta puluhan hadiah hiburan. Dalam acara tersebut, juga berlangsung penyerahan hadiah bagi pemenang gala desa. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :