Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pelestarian dan pengembangan seni, adat, agama dan budaya sudah menjadi skala prioritas pembangunan di Kabupaten Badung. Untuk itu Pemkab Badung mengajak masyarakat terutamanya sekaa teruna untuk melaksanakan program kegiatan yang arahnya lebih banyak ke pelestarian seni dan budaya.

“Kami Pemkab Badung senantiasa akan mendukung kegiatan sekaa teruna terlebih dalam upaya melestarikan seni budaya, “kata Wabup. Suiasa saat menghadiri HUT ke-43 Sekaa Teruna Teruni (STT) Sekar Jepun, Br. Sekarmukti Pundung, Desa Pangsan, Kec. Petang, Minggu (16/7/2017).

Acara tersebut dihadiri Camat Petang IB Nata Manuaba beserta Tripika Kecamatan, Perbekel dan Bendesa Adat Pangsan, Karang Taruna serta krama banjar Sekarmukti Pundung.

Wabup. Suiasa mengatakan, sekaa teruna dapat disebut sebagai anak banjar. Karena segala kegiatan yang dilaksanakan krama banjar tidak terlepas dari dukungan sekaa teruna. Untuk itu banjar maupun desa agar menjaga keberadaan sekaa teruna, sekaligus dapat mendukung kegiatan-kegiatan sekaa teruna, baik kegiatan di bidang parahyangan, pawongan maupun palemahan.

Baca Juga :  PertaLife Insurance Adakan Pelatihan Eco Enzyme di Bali untuk Kelestarian Lingkungan

Kepada STT Sekar Jepun, Wabup. Suiasa mengucapkan selamat merayakan HUT ke-43, semoga tetap kompak dan dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan diantara sekaa taruna, serta terus berbuat yang terbaik demi kemajuan banjar Sekarmukti Pundung, Desa Pangsan dan Badung. Sebagai bukti dukungan pemerintah kepada sekaa teruna, Wabup. Suiasa menyerahkan bantuan sebesar 12 juta. Selain itu Perbekel Pangsan juga membantu 10 juta.

Ketua STT A.A. Bagus Sabda Putra bersama Ketua Panitia I Nyoman Mertayasa menyampaikan, dalam HUT kali ini, STT Sekar Jepun mengangkat tema Tri Hita Karana, asah, asih, asuh. Melalui tema ini sekaa teruna ingin mengajak masyarakat untuk mengingat semboyan asah, asih, asuh serta melaksanakannya.

Baca Juga :  Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Badung Tingkatkan Kualitas Pembinaan Generasi Muda

Ditambahkan, rangkaian kegiatan HUT dibagi menjadi tiga kegiatan. Dibidang Parahyangan dilaksanakan kegiatan tirya yatra, memberikan tempat tirta serta pakaian pemangku pura penataran agung Sekarmukti lan Pundung. Dibidang pawongan, mengadakan sosialisasi dari BNN, KPAD Badung dan Tim Jumantik, donor darah, pengobatan gratis serta bantuan untuk penderita disabilitas.Dibidang palemahan melaksanakan gotong royong di areal pura dan bale banjar.

Perbekel Pangsan I Nyoman Raka Tri Sukarya juga mengucapkan selamat atas perayaan HUT Sekaa Teruna ini. Diharapkan kegiatan positif dari sekaa teruna dapat terus ditingkatkan sehingga pembangunan dan sumber daya manusia di Desa Pangsan mampu meningkat. Raka Tri Sukarya juga menyampaikan terima kasih, karena Pemkab Badung telah banyak memberikan bantuan kepada desa Pangsan dan sudah sangat dirasakan masyarakat.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

“Kedepan kami tetap akan mohon bantuan kepada pemkab badung terutama untuk mendukung kreativitas sekaa teruna dalam melestarikan seni dan budaya,” pintanya. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News