Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebanyak 53 siswa kelas VI SDN 2 Denpasar, Jumat (9/6/2017), dilepas secara niskala dan sekala. Secara niskala digelar upacara samawartana. Sementara secara sekala, siswa kelas VI dilepas secara resmi oleh Kepala SDN 2 Penatih, I Wayan Kantra, S.Pd., M.Pd., ditandai dengan pengalungan gordon.

Acara pelepasan siswa kelas VI juga dirangkai dengan pentas kreativitas seni yang ditampilkan para siswa kelas IV, V dan siswa kelas VI. Kepala Desa Penatih Dangin Puri, Wayan Kamar, komite sekolah serta para kepala lingkungan dan orangtua siswa kelas VI yang hadir di acara itu sambut dengan balagenjur.

Baca Juga :  Disperindag Gelar Sosialisasi Promosi Dagang Bagi Produk Ekspor

Kasek Wayan Kantra mengungkapkan, upacara Samawartana bermakna mapamit secara niskala, setelah sebelumnya di-winten saat menjadi siswa kelas I baru. Ritual ini juga sebagai rasa sujud bakti kepada Tuhan setelah para siswa bisa menyelesaikan pendidikan sampai kelas VI dengan baik.

Wayan Kantra menambahkan, semua insan di SDN 2 Penatih dididik untuk menjadi SDM Suputra (putra yang baik). Mereka dididik dengan penuh kasih sayang, dan semua yang dididik adalah SDM Bali yang memiliki masa depan.

Dia mengajak siswa kelas VI yang akan tamat terus mencetak prestasi sebanyak-banyaknya. Prestasi teranyar yang diraih yakni juara I makendang tunggal tingkat Kota Denpasar. Prestasi ini ditorehkan Bayu Bagaskara.
Karena itu, Wayan Kantra meminta siswa kelas VI yang akan tamat menunjukkan jati diri sebagai lulusan SDN 2 Penatih dengan prestasi dan disiplin. Pengalaman tahun sebelumnya, 50 persen lulusan SDN 2 Penatih  diterima di SMP negeri.

Acara pelepasan kemarin juga diisi dengan penyerahan penghargaan kepada siswa berprestasi dari kelas I hingga kelas VI. Sementara acara hiburan dimeriahkan dengan penampilan tari Merak Angelo, dance serta penampilan hiburan dari alumni.

Baca Juga :  Ajak Siswa Jauhi Narkoba dan Seks Bebas, Walikota Rai Mantra Tinjau Pelaksanaan MPLS SMP

Kepala Desa Penatih Dangin Puri, Wayan Kamar mengaku terharu dan bangga dengan kualitas kreativitas siswa dan lulusan SDN 2 Penatih sangat luar biasa. Ini ia sebut sebagai prestasi bersama, hasil kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja iklas para stakeholder sekolah melahirkan SDM yang berkualitas.

Dia mendukung semua program untuk kemajuan SDN 2 Penatih dalam mencerdaskan anak bangsa. Karena, ia berharap pada masyarakat, khususnya warga Desa Penantih Dangin Puri tak henti-hentinya memberi dukungan terhadap kemajuan sekolah dan berharap SDN 2 Penatih menjadi sekolah favorit dan berprestasi. (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :