Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sekaa Gong Kebyar Wanita Grita Pertiwi Budaya Br. Basangkasa, Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta Utara yang merupakan duta Kabupaten Badung dalam PKB (Pesta Kesenian Bali) ke-39 tahun 2017, melakukan gladi bersih. Minggu (11/6/2017) malam lalu. Acara gladi bersih ini dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang sekaligus melepas Sekaa Gong Kebyar Wanita Grita Pertiwi Budaya sebagai duta Kabupaten Badung, bertempat di Lapangan Banteng Kelurahan Seminyak.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan, Sekaa Gong Kebyar Wanita Grita Pertiwi Budaya dalam penampilannya nanti diharapkan dapat tampil dengan senyum, rilek, santai dan tanpa beban sehingga penampilan dapat berjalan lancar dan labda karya.

Disamping itu Bupati Giri Prasta juga menyampaikan, bahwa wewidangan Desa Seminyak akan ditata baik penataan di Desa Adat maupun wewidangan penepi pantainya, dengan harapan agar krama Desa Adat Seminyak dapat menjadi tuan di rumah sendiri, sesuai UU No. 23 tentang Pemerintahan Daerah begitu pula UU No. 1 tahun 2014 tentang pengelolaan pantai dan pulau-pulau kecil yang merupakan kewenangan Bupati untuk mengelolanya agar tidak dimilki investor.

Lebih lanjut Giri Prasta menyampaikan sekaligus untuk mensosialisasikan, mengenai PBBP2PKP sepatutnya Kabupaten dan Kota sebelumnya masalah pemungutan pajak dilakukan KPP Pratama, selanjutnya dengan adanya kesepakan di NKRI PBBP2 ditarik oleh Kabupaten dan Kota. Namun untuk di Kabupaten Badung tidak dijadikan ukuran karena adanya UU No. 28 tentang pajak daerah masalah PBBP2PKP Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan, Perkotaan dan atau tanpa kena pajak.

Baca Juga :  Cegah Gangguan Kamtibmas, Polsek Selbar Tertibkan Duktang

“Tadinya ada orang jual tanah untuk membayar pajak, tetapi khusus untuk di Kabupaten Badung mulai tahun 2017 PBB tidak bayar (gratis). Akan tetapi kalau ada orang menjual tanah ada perbuatan hukum menurut NJOP (Nilai Jual Obyek Pajak), harus bayar pajak di Notaris untuk Retribusi di Kabupaten,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia I Ketut Hartawan melaporkan, Sekaa Gong Kebyar Wanita Grita Pertiwi Budaya telah melakukan latihan sejak tanggal 1 Pebruari 2017 dengan jumlah peserta 78 orang, diantaranya; Pembina 10 orang, Penabuh 40 orang, penari Janger 20 orang dan penari Kupu-kupu 8 orang. Dan akan menampilkan, Tabuh Kreasi Pepanggulan “Rumning Kumuda”, Tari Kupu-kupu ” Tarum”, tabuh Kreasi “Luwah”, dan Tari Jejangeran kreasi “Janger Girang”, yang akan pentas tanggal 16 Juni 2017 dalam PKB yang ke-39. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :