Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Keindahan kain endek memiliki potensi unggulan tradisi lokal menjadi sebuah trend mode yang tidak meninggalkan ciri khas sebagai kain adat budaya daerah. Pengembangan endek lewat inovasi perajin dan insan kreatif Denpasar mendapatkan tempat dan ruang ekspresi dari Pemkot Denpasar. Lomba  Endek Lovers sebagai program teranyar dibawah binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Denpasar menjaring insan muda untuk terus berinovasi mengkemas endek menjadi peluang usaha.

Hal tersebut terlihat dalam lomba Endek Lovers yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar bersama Dekranasda melibatkan Duta Endek Denpasar, Sabtu (17/6/2017) di Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Pelaksanaan perlombaan meningkatkan kecintaan dan kebanggaan remaja terhadap kain endek ini dibuka Ketua Dekranasda Denpasar Ny. I.A Selly Dhamawijaya Mantra bersama Ny. Kerthi Rai Iswara. Kegiatan dilaksanakan dalam rangkaian lomba kewirausahaan produk endek siswa SMA/SMK, lomba mewarnai tingkat anak-anak, Lomba Fotography serta lomba fashion show berlangsung dua hari dari 17-18 Juni dengan total 226 peserta.

“Endek salah satu waris budaya Bali sebagai kain tradisional yang masih dipergunakan hingga saat ini, serta inovasi terus dilakukan untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan generasi muda terhadap kain endek,’’ ujar Ny. Selly.

Baca Juga :  Lewat Pangandaran Run, Unpad Dukung Pangandaran Jadi Wisata Kelas Dunia

Lebih lanjut dikatakan kegiatan Endek Lovers sebagai salah satu ruang kreativitas tidak hanya menjadi produk fashion formal, namun saat ini endek juga dapat menjadi pakaian santai sehari-hari. Peluang ini diharapkan dapat ditangkat insan muda untuk membangkitkan jiwa kewirausahaan serta memberikan imbas bagi kebanggan anak muda terhadap kain ikat endek.

Seperti perlombaan kali ini kain endek dapat menjadi produk-produk kreatif seperti tas endek, sepatu endek, sandal endek, bantal, dan aksesoris seperti kalung lewat tangan-tangan kreatif siswa SMA/SMK se-Kota Denpasar.

Baca Juga :  Usaha Macet, Panyalur TKI Gadaikan Belasan Kendaraan Rentcar

Ketua Panitia I Gede Agung Wirakrama mengatakan produk kewriausahaan endek dari siswa SMA/SMK telah menjaring 14 peserta yang kali ini memaparkan presentasi tentang produk mereka. Lomba Fotography yang telah menentukan pemenang serta lomba mewarnai dan lomba fashion show para pemenang diumumkan pada Minggu 18 juni (hari ini). Para peserta Lomba Endek Lovers akan memperebutkan juara I, II, dan Juara III memperoleh piala, uang tunai dan piagam.

Para pemenang kewirausahaan endek juga akan mendapatkan pendidikan kewirausahaan Pemkot Denpasar. Sehingga dari langkah ini para pemenang mendapatkan ilmu terkait perjalanan kewirausahaan mereka kedepan.

Baca Juga :  Gubernur Koster Resmi Berlakukan Penggunaan Pakaian Berbahan Kain Tenun Endek Bali Setiap Hari Selasa

Erlangga salah satu juri mengatakan kegiatan ini memberikan dampak postif bagi insan muda dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan. Inovasi produk endek telah ditunjukan seperti tas kain perca endek, sepatu, dan aksesoris diharapakan dapat menjadi peluang usaha bagi insan muda dikemudian hari.

“Desainnya sangat berfariasi dan menarik untuk kita miliki dan tentunya trendy bagi perkembangan fashion saat ini,’’ ujarnya. (pur/humasdps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :