Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menerima kunjungan Bupati Solok H. Gusmal beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Solok, Provinsi Sumatra Barat di Puspem Badung, Kamis (18/5/2017). Kunjungan Bupati Solok bersama Forkopinda dalam rangka silahturahmi dan belajar mengenai adat istiadat di Bali, khususnya di Kabupaten Badung.

Bupati Solok H. Gusmal menjelaskan, kunjungan ini dalam upaya meningkatkan tali silahturahmi ke dua daerah serta ingin mempelajari dan menimba ilmu tentang penyelenggaraan pemerintahan yang erat kaitannya dengan hubungan adat istiadat, karena Bali dikenal adat istiadatnya sangat kuat.

Baca Juga :  Optimalisasi Alur Perjalanan Domestik di Bandara I Gusti Ngurah Rai

“Adat dan istiadat di Bali maupun kami di Minangkabau sangat kuat, namun kami akui ada kelebihan dari Bali, untuk itu kami datang kesini untuk melihat bagaimana perkembangan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Badung,” katanya.

Bupati Solok ingin mengetahui lebih dalam bagaimana peranan tokoh adat dalam menyelesaikan persoalan-persoalan adat istiadat, persoalan sengketa tanah atau perkara tanah di Badung ini.

Bupati Giri Prasta menyampaikan terima kasih kepada Bupati Solok berserta Forkopinda Solok yang sudah memilih Kabupaten Badung sebagai obyek kunjungan. Untuk itu Bupati siap untuk berbagai pengalaman maupun kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan Pemkab Badung. Bupati menyampaikan potensi wilayah Badung yang dibagi menjadi tiga kasawan yakni Badung Utara, Badung Tengah dan Badung Selatan.

Mengenai masalah adat istiadat, Bupati menyampaikan, memang ada persoalan adat yang sampai ditangani oleh penegak hukum dan eksekusinya dapat dilakukan dengan baik. Karena sebelum masuk ke ranah hukum sudah terlebih dahulu dimediasi dengan tokoh-tokoh masyarakat. Urusan berkenaan dengan Forkopinda, di Kabupaten Badung telah membangun sinergi dan koordinasi yang intens mulai tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun tingkat Desa.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Koperasi, Diskopukm dan Perdagangan Badung Gelar Diklat Uji Sertifikasi dan Kompetensi

Kegiatan yang ada di Forum Pimpinan Daerah juga didukung dari APBD Kabupaten Badung dengan tujuan meningkatkan proses kegiatan untuk melayani masyarakat, termasuk kebutuhan sarana prasarana. Bahkan sinergitas ini diwujudkan dengan patroli rutin bersama khusus di daerah pariwisata dengan melibatkan Polresta Denpasar, Polres Badung dan Satpol PP Badung. (humas-bdg/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News