BALIPORTALNEWS.COM – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) I Denpasar Selatan ditunjuk untuk mewakili Kota Denpasar dalam penilaian Puskesmas berprestasi tingkat Provinsi Bali Tahun 2017.

Penilaian yang dihadiri langsung Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, Ketua Tim Penilai Provinsi Dr. Made Laksmiwati beserta tim, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar Dr. Luh Putu Sri Armini, serta OPD terkait di lingkungan Pemerintahan Kota Denpasar bertempat di Puskesmas I Denpasar Selatan pada Kamis (18/5/2017).

Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara dalam sambutannya mengatakan, masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, aman, dan terjangkau di semua jenjang pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan tingkat pertama atau primer yang dilaksanakan oleh puskesmas. Melalui komitmen Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota IGN Jaya Negara yang terus menerus menggenjot sarana dan prasarana didalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan diharapkan mampu memberikan acuan bagi aparatur Pemerintah Daerah di dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Sekda Rai Iswara juga menyampaikan, puskesmas memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat masyarakat. Ia juga meminta agar tim penilai bisa memberikan pembinaan yang baik, demi kedepannya bisa meningkatkan kinerja pegawai di puskesmas untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Kami berharap Puskesmas I Denpasar Selatan selalu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dengan penilaian tingkat Provinsi ini  diharapkan dapat menjadi evaluasi untuk lebih baik lagi, meski juara bukan menjadi tujuan namun prestasi sebagai tolok ukur kinerja serta prestasi yang telah diraih dapat ditingkatkan lagi,” ungkapnya.

Tim Penilai Provinsi Bali, dr. Made Laksmi Wati mengatakan terdapat beberapa kriteria dalam lomba ini, diantaranya mampu memberikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan tepat sesuai sasaran. Hal tersebut diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten di bidangnya serta kerja sama yang baik dengan pemerintah.

“Untuk mampu memberikan layanan yang tepat sasaran, diperlukan SDM yang kompeten. Tanpa adanya sarana dan prasarana hal tersebut tidak dapat berjalan maksimal, sehingga peran pemerintah akan sangat diharapkan,” paparnya.

Menurutnya, tenaga kesehatan yang dimiliki juga harus mampu membuat inovasi-inovasi demi mensejahterakan kehidupan masyarakat. “Dengan kelengkapan yang dimiliki tersebut, diharapkan Kota Denpasar dapat menciptakan tenaga kesehatan yang berkualitas sehingga semua puskesmas di Kota Denpasar menjadi paripurna dan bisa mempertahankan sekaligus meningkatkan prestasi di ajang Nasional yang telah di raih 4 kali berturut-turut,” harapnya.

Kepala Puskesmas I Denpasar Selatan, dr. AAN Gede Dharmayuda mengatakan Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat tingkat pertama yang harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Saat ini di Puskesmas I Densel terdapat 40 orang tenaga kesehatan. Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal tersebut Puskesmas I Densel telah melaksanakan pelayanan yang berpedoman sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

“Ajang penilaian ini bukan hanya untuk mendapat juara tapi ini sebuah pembuktian apresiasi terhadap apa yang mereka kerjakan selama ini dan dapat menjadi motivasi untuk tenaga kesehatan yang lainnya,” ujarnya. (eka/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

loading...