Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, POLDA BALI – Rangkaian kegiatan seleksi penerimaan anggota Polri secara terpadu tahun 2017 masih berjalan. Sebanyak 66 orang calon taruna Akpol teridir dari 61 pria dan 5 wanita mengikuti Computer Asissted Test (CAT) bertempat di Ruang CAT Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jalan Bypass Ngurah Rai Denpasar, Kamis (25/5/2017). Dalam tes ini, Polda Bali khususnya Biro Sumber Daya Manusia (SDM) bekerjasama dengan Kantor Regional X BKN Denpasar.

Sebelum tes dimulai, panitia penerimaan daerah Bali melakukan registrasi kepada para peserta. Saat melakukan registrasi, para peserta akan mendapatkan secarik kertas yang berisi password dan username agar bisa melakukan login pada komputer yang telah disiapkan panitia. Peserta akan menjawab 100 soal dari setiap materi tes yaitu Pengetahuan Umum, Matematika dan Bahasa Indonesia. Soal Pengetahuan Umum terdiri dari sembilan mata pelajaran yaitu Kimia, Muatan Lokal, Sosiologi, Fisika, Geografi, Ekonomi, Sejarah, PPKn dan Biologi. Panitia memberikan waktu 90 menit untuk menjawab 100 soal tes tersebut.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Respon Cepat Penanganan Banjir Pasca Hujan

Kepala Biro SDM Polda Bali Kombes Pol. Drs. Jawari, S.H., M.H. mengatakan, tes akademi untuk calon taruna Akpol dilakukan dengan sistem CAT. Ujian ini dilaksanakan dengan real time dimana para orang tua peserta akan memonitor secara langsung nilai peserta, pada sebuah layar monitor yang sudah dipasang di area parkir gedung BKN. Untuk pengawas internal dan eksternal, panitia menyiapkan sebuah ruangan yang bersekat kaca yang dilengkapi layar monitor untuk pengawasan melalui CCTV, sehingga mudah melakukan pemantauan dan pengawasan. Dalam pelaksanaan tes, yang boleh ada di ruangan CAT hanya peserta dan satu orang operator.

“Tes akademi melalui sistem CAT, agar masyarakat mengetahui penerimaan anggota polri ini, sama sekali tidak ada unsur KKN, Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis serta Obyektif. Dalam penerimaan Polri ini, kita benar-benar mewujudkan clear and clean,” tegas perwira melati tiga di pundak ini.

Baca Juga :  Sat Pol PP Denpasar Kembali Tipiringkan 29 Pelanggar Perda

Sementara, untuk pendaftar Bintara Tugas Umum, Bintara TI dan Tamtama sudah melaksanakan tes jasmani dan anthropometri. Dari data yang diperoleh untuk Bintara Tugas Umum yang memenuhi syarat sebanyak 751 orang terdiri dari 629 pria dan 122 wanita, Bintara TI sebanyak 36 orang terdiri dari 19 pria dan 17 wanita, sedangkan Tamtama sebanyak 45 orang. Selanjutnya para peserta yang memenuhi syarat berhak untuk mengikuti tes akademi yang akan dilaksanakan dari tanggal 26 s.d 31 Mei 2017. (binaw/humas-poldabali/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :