BALIPORTALNEWS.COM – Apresiasi Sineas dan Jurnalis (Presslist) 8, sangat luar biasa dan banjir apresiasi. Termasuk datang dari Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Rai Mantra memberikan apresiasi   terhadap   Madyapadma   Journalistic   Park   melalui   pesan   suara   dan ditampilkan dihadapan para tamu dan peserta lomba. “Saya bangga dengan Madyapadma SMAN 3 Denpasar karena mampu berkarya sebesar ini. Saya juga berharap agar tidak berhenti sampai disini saja, sukses terus untuk  Madyapadma. Semangat dan   salam kreatif,” ucap Rai Mantra pada pesan suara tersebut.

Bukan tanpa sebab, sebanyak 439  orang   dari   empat provinsi (Bali, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Tengah) yang tersebar di tujuh kabupaten/kota di Indonesia, berpartisipasi dalam rangkaian acara Presslist 8.

Hal tersebut lekas mengundang tepuk tangan seluruh undangan dan peserta lomba yang hadir di penutupan Presslist 8, Sabtu (22/4/2017). Tak hanya itu, banyak pihak yang juga mengapresiasi kegiatan tahunan Madyapadma ini. “Anak-anak Madyapadma, kalian ‘gila’. Meskipun sebenarnya adasedikit kegetiran. Tetap semangat untuk kalian keseribu kalinya,” ungkap I Gede Ari Martana, guru pembina salah satu peserta lomba Presslist 8 (SMP Saraswati 1 Denpasar –red), melalui pesan singkat.

Dalam sambutannya, I Wayan Bagus Perana Sanjaya selaku Ketua Presslist 8 sangat mengharapkan agar Presslist tahun berikutnya dapat lebih sukses dari ini. Pada   penyelenggaraan   Presslist   hari   kedua,   diadakan   acara   Bedah   Buku   dengan mengundang  Desak  Putu  Diah  Dharmapatni  sebagai   pembicara.

Adapun   buku  yang   dibedah adalah buku terbitan Madyapadma, “Bali Punya Nilai” yang ditulis oleh I Wayan Bagus Perana Sanjaya.  “Acaranya ini bagus, apalagi untuk orang-orang yang mau nulis, jadi tau gimana cara buat buku yang benar, banyak hal baru yang didapat disini,” ucap Chandra Rika Kartika (16), salah seorang peserta bedah buku.

Selain   itu,   juga   diadakan   pengumuman   pemenang   lomba   koran   dinding   (Kording) tingkat SMP se-Indonesia serta Pelatihan dan lomba karikatur tingkat SMP/SMA-SMK se-Bali,yang     menghadirkan   Jango   Paramartha,   kartunis   ternama   dari   Bog-Bog   Magazine.

“Hasil karikatur dari para peserta belum sesuai harapan saya, paling baru 65%. Ya saya harap agar peserta   lebih   banyak   membaca  dan   melihat   karikatur   sang   juara   sehingga   dapat   menambah wawasan mereka mengenai karikatur,” tutur Jango.

Adapun Juara 1 lomba karikatur diraih oleh I Made Adi Wirya Darma (SMPN 10 Denpasar). Joshella Zacharias (SMA Tunas Daud) danKomang Lanang Rama S. (SMPN 7 Denpasar) meraih juara 2 dan 3. Sementara itu,Pegansha Post (SMP Saraswati 1 Denpasar) keluar sebagai jawara lomba kording SMP. Disusul oleh Kreator (SMP Tunas Daud) dan Gatra Sisya (SMPN 9 Denpasar) menduduki posisi kedua dan ketiga.

Ada juga pengumuman lomba majalah tingkat SMP se-Indonesia dan lomba fotografi tingkat SMP/SMA-SMK se-Bali di akhir acara. Majalah Genitri (SMPN 9 Denpasar) ‘merajai’ lomba majalah tahun ini. Disusul juara dua dan tiga diraih oleh majalah Gana Spenuda (SMP Nusa Dua) dan majalah Wagiswari (SMPN 10 Denpasar).

Adapun jawara Lomba Fotografi diraih oleh Ade Gita Ahimsa (SMP Dwijendra). Sementara I Kadek Wahyu Maharta (SMAN 8Denpasar) dan Angelica Audrey Maharani (SMA Tunas Daud), masing-masing berhasil menjadi juara dua dan tiga. Sesuai dengan tema “Beda Warna, Satu Jiwa Indonesia”, Presslist 8  akhirnya ditutup secara  resmi  setelah  seluruh undangan,  peserta,   dan  panitia  menyanyikan lagu  “Kemesraan” dengan saling berpegangan tangan, sambil menyatakan pesan persatuan. “Mulai saat ini, tepat di Presslist 8. kita kembali pada persatuan kita.” (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :