Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Upacara ngider buana (nangluk mrana) merupakan kegiatan rutin setiap tahun  menjelang hari raya Nyepi, yang dilaksanakan masyarakat di Kecamatan Kediri. Di antaranya pada Sasih Kenem, Desa Adat Pakraman Kabakaba, Nyambu, Dakdakan, dan Pandak Bandung, sudah melaksanakan upacara ngider buana.

Upacara tersebut merupakan tradisi turun-temurun. Begitu juga dengan kegiatan yang dilaksanakan di Desa Adat Pakraman Banjar Anyar pada Sasih Kesanga, berturut-turut setiap Kliwon atau Kajeng Kliwon (lima hari sekali) melaksanakan ngider buana nangluk mrana.

Seperti yang  dilaksanakan pada Senin, 6 Maret 2017 lalu, Ida Petapakan Ratu Gede dan Ratu Mas yang berstana di Pura Khayangan Puseh malaksanakan kegiatan tersebut, diiringi warga sekitar 750 orang.

Sementara personel Polsek Kediri yang dipimpin Kapolsek Kompol I Nyoman Sumarajaya, Rabu (8/3/2017), melaksanakan pengamanan kegiatan upacara tersebut. Hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi arus lalu lintas, karena jalur yang dilalui merupakan jalur utama jurusan Denpasar-Gilmanuk yang sangat padat. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News