Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Setelah menghadiri acara penyerahan hibah rumah dinas Kapolres Badung di Blahkiuh, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mendampingi Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose berkunjung ke Puri Ageng Mengwi, Rabu (15/3/2017).

Kehadiran Bupati Badung bersama Kapolda Bali serta Kapolres Badung dan Kapolresta Denpasar di Puri Ageng Mengwi mendapat sambutan hangat dari Penglingsir Puri Ageng Mengwi A.A. Gde Agung bersama Istri serta Perbekel dan Kelian se-Desa Mengwi. Disana Kapolda bersama Bupati Badung langsung dijamu makan siang bersama.

Usai makan siang serta perbincangan hangat dengan Mantan Bupati Badung dua periode ini Kapolda Bali didampingi Bupati Giri Prasta menyampaikan dirinya sangat senang berkunjung ke Puri Ageng Mengwi terlebih suasana lingkungan di Puri Ageng Mengwi sangat indah dan nyaman. Berbicara mengenai keamanan di Bali ini, Kapolda sampaikan pihaknya inginkan sebuah treatment khususnya mengenai penanganan terorisme di Bali. Menjaga keamanan Bali ini sudah menjadi kewajiban jajaran aparat keamanan termasuk masyarakat Bali sendiri, terangnya.

Sementara A.A. Gde Agung menyampaikan apresiasi atas kunjungan Bapak Kapolda serta segenap jajaran Kepolisian baik Kapolres Badung dan Kapolresta Denpasar di Puri Ageng Mengwi. Kata Gde Agung bahwa, pertemuan dengan Kapolda ini merupakan sebuah kebetulan, karena terakhir kali Beliau pernah bertemu Kapolda Petrus Reinhard Golose yakni pada 12 tahun lalu saat menangani musibah bom bali tahun 2005 silam. Gde Agung menceritakan, setelah bom bali 2005 terjadi, waktu itu beliau menjabat Bupati Badung dan Pak Petrus mengundangnya saat presentasi dihadapan Presiden terkait penanganan bom bali tersebut.

Baca Juga :  Bulan Ramadhan dan Hari Paskah, The Nusa Dua Siapkan Penawaran Menarik

Gde Agung sangat salut dengan Kapolda, karena saat itu Beliau dapat mempresentasikan melalui audio visual mengenai siapa aktor dibalik bom Bali tersebut. Sementara saat ditanya Presiden waktu itu oleh Bapak SBY terkait dengan bagaimana cara pemulihan pasca bom tersebut, Gde Agung dengan spontan mengeluarkan ide dengan memohon kepada Presiden agar event-event berskala nasional, regional dan internasional agar dilaksankaan di Bali. Ide ini mendapat respon yang baik dari Presiden sehingga segera dilaksanakan event seperti KTT G8 serta event lainnya di Bali sehingga pariwisata Bali khsusunya Badung kembali hidup. “Dampak dari bom Bali ini sangat luar biasa, mulai dari pendapatan daerah menurun, masalah sosial  dimana pekerja hotel di PHK dan timbulnya masalah ekonomi sehingga akan terjadi proses pemiskinan rakyat,“ jelasnya.

Terkait dengan kunjungan wisatawan di Pura Taman Ayun yang berkaitan erat dengan Puri Ageng Mengwi dapat dijelaskan bahwa, Beliau mengakui memang lamanya tamu (long off stay) berkunjung tidak begitu lama.

Baca Juga :  Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional, TPID Kabupaten Badung Gelar Operasi Pasar Murah

Untuk itu dibutuhkan sebuah inovasi serta penambahan atraksi wisata di Taman Ayun sebagai daya tarik wisatawan. Gde Agung sudah mengambil langkah dan segera membangun sebuah museum budaya di kawasan Pura Taman Ayun yang dilengkapi mini teater. Di mini teater ini akan ditayangkan film dokumenter tentang Karya besar yang pernah dilaksanakan di Pura Taman Ayun dan film mengenai prosesi Pelebon Ida Cokorde Mengwi.

Selain itu sebagai kalender tahunan, pada bulan agustus tahun ini akan kembali digelar Taman Ayun Barong Festival Regeneration Superstar. Dengan terbangunnya museum budaya, mini teater dan festival barong ini diharapkan tamu akan lebih lama berada di Taman Ayun. Mengenai keberadaan puri mengwi, setelah Beliau selesai menjadi Bupati, Puri Ageng Mengwi sangat welcome dengan wisatawan, artinya Puri boleh dikunjungi oleh wisatawan.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Koperasi, Diskopukm dan Perdagangan Badung Gelar Diklat Uji Sertifikasi dan Kompetensi

“Biasanya setelah berkunjung ke Taman Ayun, wisatawan juga mengunjungi puri, dan intinya kami sangat wellcome,“ imbuhnya.

Ide dari Gde Agung ini merupakan sebuah kontribusi inovatif dalam pelestarian budaya dan pembangunan kepariwisataan di Bali dan khususnya di Badung. (humas-bdg/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News