Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Aktivitas komunitas sepeda motor lebih sering melakukan  touring ke berbagai daerah, banyak hal positif yang dapat dilakukakan untuk menyebarkan dan menerapkan safety riding di masyarakat. Namun demikian, ternyata beberapa anggota komunitas yang baru bergabung belum pernah mendapatkan pelatihan safety riding sebelumnya.

Untuk itu, Astra Motor Bali menggandeng Honda Community Bali (HCB) berkumpul untuk memberikan pelatihan safety riding khusus bagi anggota komunitas tersebut, di halaman Gudang Megati, Tabanan, 19 Maret. Pelatihan diikuti 20 anggota komunitas yang merupakan perwakilan dari masing-masing klub,  di antaranya Viber, HCST, HSFCI, CB RWT, BMTC, CCI BD, HCRC, HMPC dan TRB.

Baca Juga :  Dishub Denpasar Kembali Tertibkan Kendaraan Parkir Sembarangan

Dalam pelatihan ini, materi dibagi menjadi dua, yakni teori dan praktek. Ada sesi teori peserta diajak untuk mengenal persiapan, sikap, perilaku, menganalisa bahaya atau resiko di jalan raya, hingga teori keterampilan berkendara (naik turun dari kendaraan). Sedangkan untuk sesi praktek dibagi menjadi tiga materi yang meliputi skill braking peserta diajak kuasai cara penggunaan rem, serta teknik pengereman yang baik, keseimbangan dengan narrow plank, dan ketangkasan dengan slalom course. Dalam pelatihan ini, tipe motor yang digunakan yakni Honda CB150, yang merupakan motor basic berkendara untuk tipe sport.

Menurut PIC  Safety Riding dan Honda Community, Ngurah Iswahyudi, sekaligus panitia penyelenggara, mengatakan, kegiatan ini diharapkan setiap peserta bisa memiliki skill, wawasan dan kesadaran mengenai perilaku aman berkendara, sehingga kedepannya masing-masing peserta dapat berkonstribusi dalam mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. (ngr/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :