Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COMPasca tumbangnya pohon pole yang berusia 100 tahun lebih di Pura Dalem Baturenggong, Br. Delod Bale Agung, Mengwi yang terjadi Kamis (23/2/2017) lalu. Pada Sabtu (25/2/2017) diadakan prosesi upacara nedunang, ngingsirin dan nebas carang pohon pole dan carang pohon beringin di pura tersebut.

Upacara tersebut dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Kepala BPBD Badung I Nyoman Wijaya, Camat Mengwi I Gst Ngr Gede Jaya Saputra, Perbekel Mengwi Ketut Umbara Tripika Kec Mengwi, Penglingsir Puri Ageng Mengwi Anak Agung Gde Agung dan krama Banjar Delod Bale Agung.

Baca Juga :  Sambut Hari Raya Nyepi, Bandara I Gusti Ngurah Rai Hentikan Sementara Operasional

Menurut Kelian Adat Delod Bale Agung Made Budiarta, robohnya pohon pole di pura dalem baturrenggong  pada hari kamis menimpa warung dan mobil milik  Wayan Yusdita, dua angkul-angkul, tembok penyengker dan bale pesandekan di jaba sisi pura dalem baturrenggong. Made Budiarta memperkirakan kerugian mencapai Rp. 200 juta.

Pemotongan dahan (carang) pohon pole dan carang bingin yang dilakukan oleh bpbd badung, Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Badung dan krama br delod bale agung disaksikan oleh Wakil bupati Ketut Suiasa dan penglingsir puri ageng mengwi AA Ade Agung.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Tempa Generasi Muda Tangguh Lewat Dianpinru dan Dianpinsat 2024

Adapun upacara yang diaturkan berupa ayaban tumpeng solas, presita biyukawonan, penyepuhan, guru piduka, blabaran dan penyamleh, yang di puput oleh mangku pura dalem baturenggong. (humasbdg/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News