BALIPORTALNEWS.COM – Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai induk olahraga otomotif Tanah Air yang bekerjasama dengan Federation of International Motorcycling (FIM) berhasil menghadirkan seminar International Environmental Steward (CIE) yang digelar di Atria Hotel, Gading Serpong, Tangerang Selatan pada Sabtu (18/2/2017) dan Minggu (19/2/2017) akhir pekan kemarin.

Seminar yang diikuti oleh sebanyak 13 peserta yang berasal dari berbagai komisi olahraga otomotif ini terasa sedikit berbeda dari biasanya. Seminar yang diipimpin oleh Kattia J. Hernandez selaku FIM International Sustainability Commision Director tersebut bukan berfokus pada teknis suatu perlombaan, namun lebih menitikberatkan pembahasan mengenai bagaimana cara menjaga, melestarikan, serta memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Kepada para peserta, Kattia berujar, “Saat ini, sudah seharusnya event lokal di Indonesia tak hanya mementingkan segi bisnis dan hiburannya saja, namun juga bagaimana suatu event yang digelar harus bisa memberikan kontribusi nyata dalam mengelola sekaligus membantu keberlangsungan hidup masyarakat serta lingkungan di sekitar area perlombaan.”

“Apakah kita bisa melakukan hal ini? Tentu saja, karena sejak 2011, FIM sudah mengambil fokus pada program yang memiliki prioritas dengan keberlangsungan hidup lingkungan dan masyarakat, karena kami ingin selalu menjaga lingkungan serta memajukan perekonomian masyarakat. Dan kami percaya bahwa event otomotif dapat memberikan lebih dari sekadar hiburan semata,“ lanjut Kattia.

Baca Juga :  Langkah Aman Memodifikasi Jok Sepeda Motor

Kattia yang memimpin seminar secara interaktif ini juga banyak membahas mengenai konsep-konsep sustainability, bercerita, bertanya, serta berbagi pengalaman tentang bagaimana event olahraga otomotif mancanegara telah banyak menerapkan sistem seperti ini dan berhasil. Seminar yang berlangsung selama dua hari tersebut dibagi menjadi tiga sesi, di mana pada akhir sesi para peserta juga diminta untuk mengikuti ujian untuk nantinya diberikan penilaian.

Sementara itu, seminar International Techincal Steward (CTI) yang sebelumnya direncanakan digelar bersamaan dengan seminar International Environmental Steward (CIE) terpaksa harus ditunda karena beberapa alasan.

Pada 22 dan 23 April mendatang, IMI juga akan melanjutkan rangkaian seminar lainnya yang kali ini bekerjasama dengan Federaration Internationale de l’Automobile (FIA). Seminar tersebut akan membahas mengenai sistematis perlombaan, homologasi, sertifikasi, serta pemberian lisensi. (r/bpn)