Hosting Unlimited Indonesia

BALIPORTALNEWS.COM – Pemkab Tabanan mengerahkan ribuan personel dalam aksi membersihkan sampah di Pantai Yeh Gangga, Minggu (19/2/2017). Ribuan personel yang terlibat, terdiri atas aparat sipil negara (ASN), TNI, Polri, mahasiswa, LSM, dan masyarakat.

Kegiatan dalam rangka memeringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017 itu, juga dihadiri Wabup Tabanan I Komang Gede Sanjaya. Didampingi Sekda I Nyoman Wirna Ariwangsa, dia menyebut sampah merupakan permasalahan yang kompleks.

“Permasalahan sampah jadi lebih kompleks dan meluas, terutama terkait isu pencemaran sampah di laut,” ujar Sanjaya.

Isu tersebut, katanya, juga jadi perhatian publik, karena potensi sampah plastik di lautan Indonesia mencapai 187,2 juta ton per tahun. “Indonesia jadi negara kedua terbesar penyumbang sampah di laut, setelah China,” ungkapnya.

Diakuinya, selama ini perilaku masyarakat dalam mengolah sampah belum intensif. Sebagian besar masyarakat masih menganggap sungai dan laut adalah tempat untuk membuang sampah.
Terkait gerakan kebersihan di Pantai Yeh Gangga, Wabup Sanjaya juga mengapresiasi dan mendukung munculnya kelompok-kelompok peduli sampah dan lingkungan di Kabupaten Tabanan.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabanan, AA Ngurah Raka Icwara, menyebut pemerintah pusat mengusung tema “Melaksanakan Pengelolaan Sampah Terintegrasi dari Gunung, Sungai, Kota, Pantai hingga Laut, untuk Mewujudkan Indonesia Bersih Sampah” dalam HPSN 2017.

Tag line acara puncak HPSN 2017 adalah Nenek Moyangku Orang Pelaut, bukan Pembuang Sampah ke Laut,” tukasnya. (ita/bpn)

loading...