BALIPORTALNEWS.COM – Sekian lama mendambakan punya jembatan, warga Banjar Ngis, Desa Jegu, Kecamatan Penebel, akhirnya lega, karena bisa menikmati fasilitas tersebut. Jembatan sepanjang 18 meter dengan lebar tiga meter itu merupakan penghubung antara Banjar Ngis dan Banjar Sigaran, yang diresmikan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Senin (13/2/2017).

Perbekel Desa Jegu, I Made Edy Wirawan, mengungkapkan, jembatan tersebut adalah bentuk kerja sama Pemkab Tabanan dengan Kodim 1619/Tabanan, lewat program Karya Bakti TNI Terpadu. Sebelum jembatan ini dibangun, akses dari Banjar Ngis ke Banjar Sigaran atau sebaliknya sangat susah. “Ini dulunya merupakan jalan setapak. Kalau lewat, warga harus jalan kaki ke bawah jurang yang curam,” ujarnya.

Jembatan tersebut juga dikatakan sebagai jalan yang menghubungkan Pura Kahyangan Gunung Tegeh dengan Batur Sari, sehingga kondisinya kini dirasakan sangat memudahkan masyarakat. Selain itu, juga memudahkan warga dalam memasok hasil pertanian.

Sementara Bupati Eka mengapresiasi program Karya Bakti TNI Terpadu ini. “Akhirnya jembatan ini selesai dan bisa dimanfaatkan rakyat,” ujarnya.

Baca Juga :  Apkowil Harus Punya Kesamaan Pola Pikir dan Kemampuan Deteksi Setiap Perubahan

Selain meresmikan jembatan, Bupati Eka juga menyerahkan hasil karya bakti TNI kepada masyarakat. Di antaranya penyerahan perbaikan jamban dan bedah rumah kepada sejumlah warga di Jegu. “Program ini sangat bagus dan harus terus dilanjutkan,” tandasnya.

Dia juga berpesan kepada masyarakat agar harus lebih giat dalam berbuat. Tidak hanya TNI saja, namun semua pihak harus berbuat. Dengan membangun jembatan, katanya, kita dapat menolong banyak umat di Jegu.

Sementara Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Herwin Gunawan mengaku terkesan dengan masyarakat Jegu. “Masyarakat Jegu sangat bersemangat, bersama kami dalam mengerjakan pembangunan jembatan ini. Masyarakat juga sangat welcome kepada TNI. Di situlah terlihat kemanunggalan TNI dengan rakyat. TNI lahir dan bekerja sama dengan rakyat, maka kami tidak bisa dipisahkan dari rakyat,” tandasnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan berita acara serah terima hasil kegiatan karya bakti TNI, yang disaksikan para SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat Penebel, dan tokoh masyarakat setempat. (ita/bpn)