Hosting Unlimited Indonesia

BALIPORTALNEWS.COM – Ujian sekolah untuk jenjang SD/MI dan sederajat tahun pelajaran 2016/2017 akan digelar mulai 15 sampai 17 Mei 2017. Ujian akhir ini mengujikan tiga mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

“Sesuai dengan jadwal pelaksanaan ujian sekolah yang tertulis pada Prosedur Operasional Standar (POS) penyelenggaraan ujian sekolah tahun pelajaran 2016/2017 yang dikeluarkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada hari pertama diujikan Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, dan hari ketiga IPA. Untuk ujian sekolah susulan bagi siswa yang berhalangan hadir akan dilaksanakan mulai 22 sampai 24 Mei 2017,” ujar Kabid Pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar Disdikpora Kota Denpasar, Ketut Sudana, Senin (13/2/2017).

Sudana merinci, ujian dimulai pukul 08.00 sampai 10.00  atau selama 120 menit dengan jumlah butir soal; Bahasa Indonesia 50 soal, Matematika 40 soal, dan IPA 40 soal. Pada US SD/MI tahun ini, sebanyak 25% soal ujian sekolah dibuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan kisi-kisi soal ujian sekolah tahun pelajaran 2016/2017. Sisanya, 75% soal ujian sekolah disusun pemerintah kabupaten/kota dengan melibatkan guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG).

Sementara terkait kelulusan siswa ditentukan sepenuhnya sekolah melalui penilaian ujian sekolah, serta mempertimbangkan nilai mata pelajaran lain, menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memiliki nilai sikap atau perilaku baik, dan presentase kehadiran siswa.

“Kendati begitu, saya berharap pihak sekolah tetap mematok standar nilai minimal kelulusan yang layak. Apabila seorang siswa dinilai belum memenuhi standar kompetensi lulusan, maka siswa bersangkutan semestinya tidak boleh dipaksakan untuk lulus,” katanya mengingatkan. (tis/bpn)

loading...