BALIPORTALNEWS.COM – Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Suiasa, SH hadir sekaligus ikut ngrastitiang pujawali di Pura Dalem Solo, Banjar Aseman, Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, yang bertepatan dengan hari Pagerwesi, Rabu (25/1/2017).

Pada kesempatan tersebut Wabup. Suiasa yang didampingi Camat Abiansemal Putu Ngr. Thomas Yuniarta mengharapkan krama pengempon pura juga ikut ngrastitiang jagat badung sehingga badung tetap aman dan masyarakat sejahtera.
Wabup.  Suiasa juga menyampaikan,  pemerintah kabupaten badung sangat mengapresi dan mendukung yadnya yang dilaksanakan krama badung salah satunya yang dilaksanakan krama penngempon pura dalem solo ini.

“Dalam beryadnya harus didasari dengan hati yang suci dan tulus iklas.  Rasa menyama braya, saling asah, asih, asuh, salunglung sabayantaka juga patut ditingkatkan,” pintanya.

Selain itu masyarakat diajak untuk mendukung program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat badung. Wabup.  Suiasa juga siap membantu rencana perbaikan tembok penyengker di Pura Dalem Solo.

Sementara Ketua Panitia I Gusti Lanang Putra menjelaskan Pura Khayangan Jagat Dalem Solo ini telah ditetapkan menjadi Pura Cagar Budaya karena di Pura ini terdapat benda-benda bersejarah. Untuk piodalan di pura dalem solo menghaturkan upakara berupa pulegembal.

Baca Juga :  Perdana, Wimas Putri Luncurkan "Ada Karena Cinta" 

Sedangkan di Pura Alit yang berada di jaba tengah Pura Dalem Solo dilaksanakan upacara melaspas dan mendem pedagingan, sehubungan telah selesainya pembangunan apit surang dan tembok penyengker Pura Alit.

Untuk pembangunan di Pura Alit menghabiskan dana mencapai Rp. 198 juta lebih yang bersumber dari dana punia dan urunan krama.

Sementara pada tahun 2017 ini akan direncanakan melanjutkan pembangunan apit surang dan tembok penyengker dengan panjang 50 meter di utama mandala Pura Dalem Solo. Rencana anggaran biaya mencapai Rp. 387 juta lebih. (humasbdg/bpn)