Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar menyatakan tidak ada pengadaan komputer.

“Proses pengadaan komputer tidak terburu karena UNBK 2017 tingkat SMP/MTs akan digelar pada Mei 2017,” jelas Kabid Pembinaan Pendidikan SMP Disdikpora Kota Denpasar, Wayan Supartha, Kamis (26/1/2017)

Ia menerangkan pengadaan komputer harus melalui proses tender, ditambah dengan proses pengadaan serta pemeriksaan.

“Akan ada pengadaan komputer namun tidak untuk UNBK 2017. Komputer yang diadakan kemungkinan bisa dipakai pada UNBK tahun berikutnya,’’ katanya.

Selain itu, ia menjelaskan tidak terburunya proses pengadaan karena akan diawali pada Februari 2017 dengan pelatihan terhadap operator komputer, pelatihan teknisi serta simulasi ujian kepada para peserta.

Menurutnya, agar peserta yang ikut dalam pelaksanaan ujian semakin banyak, serta menyiasati kekurangan komputer, pihaknya akan melakukan sistem silang, yaitu dengan melakukan pemakaian fasilitas komputer secara bergantian pada masing-masing sekolah.

Baca Juga :  Siswa Diberi Kebebasan Memilih Mata Pelajaran UN

Sesuai POS UN, kata Supartha, UNBK utama digelar pada tiga sesi. Sesi I dimulai pukul 07.30-09.30, dilanjutkan sesi II pukul 10.30-12.30 dan sesi III mulai pukul 14.00-16.00.

Ia berharap pelaksanaan UNBK pada 2017 yang akan diikuti enam SMP di Denpasar dapat berjalan dengan lancar dan para siswa dapat mengikutinya dengan maksimal.

Pelaksanaan UNBK pada tingkat SMP/MTs akan dilaksanakan bersamaan dengan UNPK tingkat SMP/MTs yakni digelar pada 2,3,4 dan 8 Mei 2017. Bagi siswa yang sakit atau berhalangan hadir pada UN utama dapat mengikuti UN susulan yang diselenggarakan pada 22-23 Mei 2017.

Baca Juga :  Siswa Diberi Kebebasan Memilih Mata Pelajaran UN

‘’Mata pelajaran yang diujikan meliputi pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),’’ pungkas Supartha. (tis/bpn; foto : google.com)