BALIPORTALNEWS.COM – Jaringan bengkel resmi sepeda motor Honda, yang tergabung dalam Ikatan AHASS Bali, melaksanakan kegiatan tangkil dan ngayah yang diikuti 20 orang di Pura Teratai Bang, 25 Januari, bertepatan dengan hari taya Pagerwesi. Kegiatan yang dilakukan ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap pura yang terkena banjir.

Tangkil dan ngayah (kerja bakti bersama) dimulai pukul 09.00 Wita, terkait dengan peristiwa bencana tanah longsor yang mengenai Pura Teratai Bang, 21 Desember 2016. Pura Teratai Bang, merupakan salah satu pura yang terkena bencana tanah longsor dari hutan lindung di atas Kebun Raya Bedugul, akibat banjir bandang yang melanda wilayah Bedugul.

Bencana alam itu, telah merusak area pura  dan beberapa pelinggih, serta membuat akses jalan menuju ke pura tertutup lumpur.

Pemedek yang hadir dengan sigap membersihkan area pura dari sampah dan kotoran akibat banjir. Terlihat di area pura, alat berat yang digunakan untuk menyingkirkan batang pohon berat yang roboh dilanda longsor. Kegiatan yang berlangsung hingga siang hari itu, diakhiri dengan menghaturkan (memberikan) dana punia/bantuan ke Pura Teratai Bang.

Baca Juga :  Bir Bintang Dukung Inisiatif Pemerintah Bali Demi Keamanan dan Kenyamanan Wisatawan

“Dengan semangat satu hati, kami ingin secara langsung ngayah ke lokasi serta berdoa bersama untuk keajegan Bali,” kata Ketua Rombongan, Harry Pranata.

Dengan kegiatan ngayah seperti ini, diharapkan dapat membantu membersihkan area pura, dan bencana ini segera ditangani supaya seluruh pelinggih di Pura Teratai Bang dapat segera diperbaiki serta ditata kembali kemudian diupacarai. (ngr/bpn)