BALIPORTALNEWS.COMDalam upaya mempertahankan keberadaan masyarakat Badung pada posisi yang cukup dan aman akan pangan, Bupati Badung mengajak segenap masyarakat Badung untuk senantiasa berusaha meningkatkan dan menjaga ketersediaan akan pangan demi memenuhi kebutuhan gizi yang cukup melalui satu pembelajaran kepada masyarakat dalam pola konsumsi makanan yang mengandung gizi, murah dan mudah didapatkan.

Demikian sambutan Bupati Badung yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Badung Dewa Made Apramana saat Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 di Kabupaten Badung tahun 2016 di Wantilan Desa Adat Banjar Sayan, Desa Werdi Buwana, Kec. Mengwi, Kamis (8/12/2016). 

Melalui Peringatan HPS, Bupati juga mengharapkan jajaran Pemkab Badung mampu memotivasi seluruh komponen masyarakat dalam menjaga dan memelihara gizi keluarga secara berkesinambungan melalui diversifikasi pangan yang bersumber dari produk non beras pangan lokal potensial. Bupati memberikan apresiasi kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan kelompok pengolah pangan yang telah menghasilkan beragam hasil olahan produk lokal.

Oleh karenanya Bupati menginstruksikan agar semua SKPD di Badung dapat memanfaatkan produk pangan olahan KWT untuk kepentingan kegiatan rapat-rapat di SKPD masing-masing.

“Mudah-mudahan semua upaya ini mampu memotivasi seluruh KWT untuk terus menggali potensi pangan lokal dan produksi yang dihasilkan dapat terjual dengan harga yang pantas serta berkontribusi dalam peningkatan pendapatan keluarga,” imbuhnya.  

Kabag Administrasi Perekonomian Setda Badung Dewa Gede Joni Astrabrata selaku ketua panitia melaporkan, tujuan peringatan HPS adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat serta para stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi dalam rangka percepatan perbaikan gizi masyarakat. Tema peringatan kali ini yakni “membangun kedaulatan pangan di era perubahan iklim”.

Pada puncak peringatan HPS dilaksanakan berbagai kegiatan seperti pasar murah, pemeriksaan kanker serviks dan kanker payudara, pengobatan gratis yang dilaksanakan pada Rabu (7/12//2016) di Pasar Desa, Desa Adat Banjar Sayan. Puncak Peringatan HPS dimeriahkan dengan kegiatan senam lansia dari lansia Desa Werdi Buwana dan pameran hasil produksi pertanian dan aneka kreasi produk pangan olahan dari KWT masing-masing Kecamatan di Badung.

Pada kesempatan itu Asisten Dewa Made Apramana didampingi Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, juga menyerahkan hadiah lomba seperti lomba KWT, lomba cipta menu non beras, lomba ketahanan pangan, petani berprestasi, penyuluh berprestasi serta gapoktan berprestasi. (humasbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kab. Badung Dewa Made Apramana bersama Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta saat Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-36 di Wantilan Desa Adat Banjar Sayan, Desa Werdi Buwana, Kec. Mengwi, Kamis (8/12/2016).

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini