BALIPORTALNEWS.COMPemerintah Kabupaten Badung kembali memberikan penghargaan bagi Wajib Pajak (WP) daerah terbaik di tahun 2015. Penghargaan diberikan kepada WP dengan katagori kepatuhan Wajib Pajak daerah terbaik dan kategori penyetoran pajak terbaik. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Selasa (6/12/2016).

Acara tersebut juga dihadiri Kadispenda dan Pesedahan Agung Badung I Wayan Arnawa, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Badung, Ketua PHRI Bali, Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, Ketua Gatriwara, Ketua DWP serta Stakeholder Pariwisata Badung.
Wabup. Suiasa menyampaikan bahwa sektor pariwisata di Badung memang menjadi sektor andalan pendongkrak Pendapatan Asli Daerah.

Pemkab Badung bersama DPRD Badung berkomitmen mewujudkan pariwisata Badung yang berkualitas dan berkesinambungan. Berkomitmen wujudkan periwisata yang berbasis seni dan budaya, pariwisata yang berbasis lingkungan dan berbasis masyarakat.

Untuk itu diharapkan terbangunnya sinergi dan wujud nyata kesadaran kolektif dalam membangun pariwisata menuju pariwisata yang berkualitas dan berkesinambungan. Terkait dengan pemberian penghargaan ini, Wabup Suiasa menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada WP yang telah patuh, taat dan penuh tanggungjawab membayar pajak. Pemberian reward ini diharapkan sebagai momentum bagi perusahaan untuk meningkatkan performa sehingga lebih mendapat kepercayaan dari publik.

“Nanti kita juga akan memberikan reward kepada masyarakat umum yang sadar melaporkan struk belanja yang kena pajak secara online ke Dispenda,” tambahnya.

Ditambahkan, bahwa dengan meningkatnya pendapatan dari sektor pariwisata, pembangunan di Badung akan lebih meningkat. Hal ini jelas terlihat dari struktur APBD 2017 yang seluas-luasnya untuk masyarakat, dimana belanja publik mencapai 72 persen, dan belanja pegawai hanya 28 persen.

Kadispenda dan Pesedahan Agung Badung I Wayan Arnawa melaporkan, pemberian penghargaan ini sebagai wujud apresiasi dan terima kasih Pemkab Badung kepada WP yang sudah patuh melaksanakan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku, serta atas kontribusi yang besar WP kepada pendapatan daerah. Dapat memberi pengaruh positif untuk memotivasi WP daerah yang lain yang belum patuh melaksanakan kewajiban perpajakan daerah. Sebagai ruang meningkatkan komunikasi dan sosialisasi antara pemerintah dengan WP dalam rangka membangun kesadaran pajak masyarakat.

Adi Arnawa juga menyampaikan target dan realisasi pendapatan di tahun 2015. Target pendapatan daerah sebesar 3,6 T lebih, realisasi 3,7 T lebih (102,96%). Terget pajak daerah 2,4 T lebih, realisasi 2,5 T lebih (104,47%).

Sementara hingga awal Desember 2016, target pendapatan daerah sebesar 3,9 T lebih, realisasi sampai bulan oktober 3,4 T lebih (87,49%). Terget pajak daerah 2,7 T lebih, realisasi sampai awal desember ini 2,6 lebih (97,30%). Dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah, Dispenda telah melakukan langkah-langkah dengan memasang sistem online dengan WP.

“Hingga saat ini yang telah terkoneksi dengan Dispenda sebanyak 838 wajib pajak,” imbuhnya.

Untuk kategori WP dengan tingkat kepatuhan terbaik penghargaan diberikan kepada kategori hotel bintang 5 Grand Hyat Hotel, hotel bintang 4 Legian Beach Hotel, hotel bintang 3 Keraton Bali Cottage, hotel non bintang Febri’s Hotel, kategori Vila The Villas, restoran La Place, Hiburan Mega Rafting, dan terbaik Spa diraih Amo Spa.

Sementara kategori Penyetoran Pajak Daerah Terbaik untuk hotel bintang 5 terbaik diraih W Retreat & Spa, hotel bintang 4 Courtyard by Mariiot Bali Nusa Dua, hotel bintang 3 Rama Place Cottage, hotel non bintang The Kuta Beach Heritage, Villa The Semaya, Restoran Last Wave, Hiburan Bali Nusa Dua Theatre, dan Parkir diraih Basemant Kuta Square Parkir. (humasbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Kadispenda dan Pesedahan Agung Badung I Wayan Arnawa menyerahkan penghargaan bagi Wajib Pajak daerah terbaik di tahun 2015 di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Selasa (6/12/2016).

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini