BALIPORTALNEWS.COMPalang Merah Indonesia (PMI) memilki 3 (tiga) komponen di dalam strukturnya yaitu Pengurus, Staf dan relawan. Tanpa ketiga unsur ini dalam melaksanakan program atau kegiatan tidak akan berjalan dengan baik. Utamanya para relawan mereka adalah ujung tombak dalam organisasi PMI itu sendiri.

Sukarelawan sendiri terdiri dari Palang Merah Remaja (PMR), Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR), Donor Darah Sukarela (DDS). Relawan tersebut terbentuk tidak secara mudah melainkan melalui pendidikan dan pelatihan dasar yang telah memilki kurikulumnya di masing-masing tingkatan.

Baca Juga :  Grup Astra Bali Gelar Buka Puasa Bersama Awak Media, Jalin Silaturahmi Menjelang Lebaran

Dalam membentuk regenerasi relawan khususnya di PMI Kabupaten Badung, telah dilaksanakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Tingkat Satuan Tugas Siaga Sukarela (SATGAS) di Perkemahan Dukuh Blahkiuh Abiansemal Badung. SATGAS merupakan komponen PMR yang terdidik dan terlatih sesuai dengan kurikulum tingkat pusat. Kegiatan Diklat Satgas ini dilaksanakan selama 5 hari yaitu dari tanggal 1 sampai 5 Desember 2016.

Para peserta Satgas yang ikut dalam kegiatan tersebut sebanyak 30 orang tang terdiri dari 15 unit sekolah SMA/SMK se Kabupaten Badung yang telah memilki kelompok PMR. Kegiatan diklat ini diharapkan mampu melahirkan generasi baru dari relawan muda tingkat PMR dan tetap memberikan kontribusinya kepada PMI Kabupaten Badung khusunya baik tenaga maupun pikiran.

Baca Juga :  Bank Indonesia Bali Buka Penukaran Uang Rupiah di Daerah Wisata Pantai Kuta Kabupaten Badung Bersama Bendesa Adat

 

Keterangan Foto : Satgas PMR PMI Kabupaten Badung foto bersama saat Diklatdas di Perkemahan Dukuh Blahkiuh Abiansemal Badung.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News