BALIPORTALNEWS.COMSetelah Pencanangan Kampung KB oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI,  Puan Maharani pada bulan Maret 2016 lalu, pada Senin (5/12/2016) Tim Pokja Kampung KB Provinsi Bali bersama Badan KBKS Badung melakukan evaluasi Kampung KB di Banjar Umahanyar, Desa Penarungan, Mengwi.

Acara tersebut dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali IB Wirama bersama Tim Pokja Kampung KB Provinsi Bali, Kepala BKBKS Badung Putu Rianingsih, Perbekel Penarungan Ni Wayan Kerni serta masyarakat Banjar Umah Anyar. 

Pada acara yang dikemas dalam Integrasi kampung KB bersama mitra kerja untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di lokasi Kampung KB menuju Bali Mandara tersebut diisi penyerahan sembako kepada masyarakat serta Alat Tekhnologi Tepat Guna kepada Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Banjar Umahanyar. Diserahkan pula tong sampah kepada kelian banjar Umahanyar.

Perbekel Desa Penarungan Ni Wayan Kerni, SH melaporkan, pencanangan kampung di desa Penarungan dilakukan pada bulan Maret lalu dan masyarakat Banjar Umahanyar yang mendapat program ini. Menurutnya progran kampung KB sangat dirasakan oleh masyarakat Umahanyar terutamanya dalam melaksanakan pola hidup yang bersih dan sehat menuju kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Diharapkan kedepan program ini dapat diteruskan di masyarakat banjar yang lain di Desa Penarungan sehingga masyarakat mendapatkan pembinaan maupun pelatihan untuk meningkatkan taraf hidup terutama perberilaku hidup bersih.

“Kami harapkan Pemkab dan Provinsi dapat terus melakukan pembinaan baik kepada UPPKS maupun sosialisasi tentang kesehatan bagi masyarakat Penarungan,” tambahnya.

Kepala BKBKS Badung Putu Rianingsih mengatakan, Desa Penarungan khususnya Banjar Umahanyar sudah menjadi percontohan pemerintah pusat terkait dengan kampung KB. Untuk pembinaan dan kegiatan di kampung KB,  di tahun 2017 akan diberikan bantuan dari alokasi dana khusus. Ia juga memberikan apresiasi kepada Perbekel Penarungan yang telah mendukung penuh kegiatan Kampung KB.

“Untuk Kampung KB ini mungkin hanya Badung yang sudah mempunyai SK Bupati terkait Tim Pokja Kampung KB di Badung. Kami harapkan Kampung KB sebagai pilot projek nasional dapat merata dengan banjar-banjar lain khususnya dari tingkat kesejahteraannya,” harapnya.    
Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali IB Wirama, sangat mengapresiasi Pemkab Badung khususnya BKBKS yang telah mampu membentuk 6 (enam) Kampung KB di Badung salah satunya di Banjar Umahanyar.

Dibentuknya kampung KB ini dilatarbelakangi sangat rendahnya sumber daya manusia masyarakat dibandingkan di negara-negara lain. Melalui kegiatan ini diharapkan kualitas hidup masyarakat di Kampung KB menjadi lebih baik.

“Kami harapkan semua kegiatan yang mendukung, agar dilaksanakan di kampung KB, sehingga terciptanya kesejahteraan masyarakat,” tambahnya. (humasbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali IB Wirama bersama Tim Pokja Kampung KB Provinsi Bali dan Kepala BKBKS Badung Putu Rianingsih saat melakukan evaluasi Kampung KB di Banjar Umahanyar, Desa Penarungan, Mengwi, Senin (5/12/2016).

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini