BALIPORTALNEWS.COMAstra Motor Main Dealer Bali, kembali menunjukkan komitmennya dalam menyiapkan generasi muda Indonesia, yang cerdas dan berdaya saing tinggi di industri otomotif dengan  melakukan perjanjian kerjasama (Memorandum of Understanding) program Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda dengan 3 SMK di wilayah Bali. Program ini, merupakan program kerjasama PT Astra Honda Motor dengan Astra Motor Bali, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan.

Dengan mengambil lokasi di halaman SMKN 2 Negara, MoU ini merupakan bagian dari kontribusi perusahaan dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas dan terampil di dunia kerja. Penandatanganan kerjasama kurikulum itu, dilakukan 1 November 2016, bersama 3 SMK terpilih, yakni SMKN 1 Gerokgak, SMKN 1 Klungkung, dan SMKN 2 Negara yang saat itu  bertepatan juga dengan upacara pecaruan rsi gana dan pemelaspasan.

Hadir dalam penandatangan MoU itu, Asisten II Setda Jembrana, I Ketut Windia, mewakili Bupati Jembrana; Wakil Ketua DPRD Jembrana, PT Astra Honda Motor, dari Kepala Dinas Dikporaparbud Kabupaten Jembrana, Managemen Astra Motor Bali, jajaran dewan guru , serta tokoh masyarakat.

Menurut Handy Hariko, Senior Manager Technical  Service and Training  Dept. PT AHM, melalui kerjasama link and match ini diharapakan bisa meningkatkan proses pembelajaran ketiga SMK KTSM Honda yang nantinya menghasilkan output dan outcame kompeten, serta dapat bersaing di dunia kerja. Tak hanya fokus pada kuantitas tapi juga akan meningkatkan kualitas implementasi KTSM Honda, dengan mengoptimalkan pelatihan teknik guru dan siswa dan meningkatkan status SMK KTSM Honda yang ada di Bali. Setiap calon mekanik akan melalui tes atau sertifikasi uji kompetensi keterampilan teknik sebelum memasuki dunia kerja.

Baca Juga :  Promo untuk Konsumen Setia, Astra Motor Bali Siapkan Special Gift Honda BeAT Sporty

Sementara Manager Technical Service Astra Motor Bali, Anton Prihatno, menyatakan, program ini sebagai salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan, Silabus KTSM Honda ini dikembangkan dengan memadukan standard kompetensi dan kompetensi dasar yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dengan materi pelatihan teknik Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Untuk menjamin kualitas lulusan SMK KTSM Honda, secara periodik Astra Motor Bali menggelar pelatihan khusus kepada para guru SMK KTSM Honda dengan memberikan materi dan pengetahuan yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini yang ada di sepeda motor Honda. Selain itu, mekanik-mekanik muda yang berkualitas memiliki peluang bekerja di jaringan bengkel resmi Honda, dan juga dapat mengembangkan pengetahuan serta keterampilannya untuk berwirausaha dengan membuka bengkel khusus yang dibina jaringan AHASS.

Baca Juga :  Rio Firdaus, dari Kekurangan Uang Rp50 Juta hingga Menang Undian Mobil

Dengan dilakukannya penandatangan MoU ini, menambah jumlah KTSM Honda di Pulau Dewata menjadi tujuh sekolah, setelah sebelumnya SMK PGRI2 Badung, SMK Negeri 1 Manggis, Karangasem, SMK Rekayasa Denpasar, dan SMK Negeri 1 Amlapura yang telah diresmikan. (ngr/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News