BALIPORTALNEWS.COMPutu Govinda  bersama teman temannya  nampak tengah sibuk melayani para pengunjung yang ingin melakukan cek kesehatan di stand Tim Bantuan Medis (TBM) yang dibuka Fakultas Kedoteran (FK) Universitas Udayana (UNUD) di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala,  Denpasar.  Remaja 20 tahun asal Petang Badung ini yang bernama lengkap I Putu Govinda Orna Jaya  merupakan  mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) UNUD.

Govinda yang merupakan alumni SMA Negri Bali Mandara (SMANBARA)   menyempatkan menceritakan pengalamannya selama mengenyam pendidikan di FK UNUD pasca menamatkan pendidikannya di  SMANBARA.

Ia mengaku sangat merasa beruntung dan tidak pernah membayangkan bisa mengenyam pendidikan di jurusan bergengsi di perguruan tinggi tertua di Bali tersebut terlebih dengan biaya perkuliahannya yang ditanggung penuh oleh Pemprov Bali melalui program beasiswa yang memang rutin diberikan setiap tahunnya.

Dengan penuh rasa bangga ia bercerita bahwa pola pendidikan yang diterapkan di SMANBARA telah menempa dirinya sosok yang displin, penuh tanggung jawab, berdedikasi tinggi serta memiliki kepercayaan diri.

“Meskipun berasal dari keluarga sederhana yang kurang mampu dari segi ekonomi, namun hal tersebut tidak menyurutkan rasa percaya diri saya dan semangat saya untuk menimba ilmu sebaik baiknya dan bersaing dengan para mahasiswa lainnya,” ujarnya.

Lebih jauh, anak muda berperawakan tinggi yang merupakan alumni SMANBARA  angkatan 1  ini menyampaikan bahwa sekolah menengah besutan Pemprov itu telah memberi  banyak bekal bagi dirinya.

Baca Juga :  Kenali Potensi Bahaya Saat Berkendara, Astra Motor Bali Berbagi #Cari_Aman Bersama SMAN Bali Mandara

“Saya menjadi berani tampil, percaya diri dan tidak berkecil hati ( minder) , saya siap bersaing secara sehat dan berkompetisi, bahkan  tahun ini saya akan mengikuti Pemilihan Calon Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa  Kedokteran dan saya optimis saya bisa terpilih dan akan membawa nama baik almamater saya SMA Bali Mandara, ” tuturnya optimis.

Hal senada juga disampaikan adik kelas Govinda,  Putu Seriari Ambarini yang juga mahasiswa PSPD UNUD Semester 3 lulusan SMA Bali Mandara angkatan ke 2. Pendidikan psikologi yang didapatkan di bangku sekolah telah mengajarkan dirinya untuk dapat mengetahui karakter orang lain sehingga ia bisa menempatkan dirinya dalam pergaulan dengan baik dan lebih percaya diri.

Baca Juga :  Pastika Tegaskan Lulusan SMAN Bali Mandara Tidak Boleh Cengeng dan Manja

Kedepannya, gadis asal Banjar Kabupaten Buleleng ini berharap Pemprov bisa menambah lagi anggaran pendidikannya untuk para siswa lulusan  SMANBARA agar bisa mengenyam bangku perkuliahan seperti dirinya.

“Saya menyampaikan apresiasi saya pada Pemprov Bali yang telah memberi kesempatan saya untuk menuntut ilmu, saya berjanji akan belajar bersungguh sungguh untuk  menjadi seorang dokter yang menjalankan swadharmanya dengan sebaik baiknya, “ ujarnya penuh antusias.

Hingga   angkatan ketiga sudah ada  5 orang siswa jebolan SMANBARA yang diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan beasiswa pendidikan dari Pemerintah Provinsi Bali yang disalurkan melalui Dinas pendidikan Pemuda dan Olah Raga Pemprov Bali.

Baca Juga :  Siap Wakili Bali, Empat Siswa Berprestasi Maju ke Babak Nasional dalam Kompetisi AHM Best Student 2021

Kelima mahasiswa tersebut tidak hanya mendapatkan biaya perkuliahan per semesternya namun juga mendapatkan biaya untuk akomodasi dan pemenuhan sarana prasarana penunjang pendidikan mereka lainnya. (hmsprovbali/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini