BALIPORTALNEWS.COMBupati Badung I Nyoman Giri Prasta melakukan upacara mejaya-jaya. Upacara ini dilakukan serangkaian terpilihnya Beliau menjadi Ketua Umum DPD PSPS Bakti Negara Provinsi Bali yang dilaksanakan Keluarga Besar IPSI Bali di Pusat Wiyata Mandala Bakti Negara, Jl. Kerta Mandala, Desa Batumekaem Ubung, Selasa (29/11/2016).

Upacara mejaya jaya ini dipuput Ida Sang Begawan dari Geria Saba Ketewel Gianyar, dan dihadiri oleh pini sepuh dan penasehat dari DPD se-Bali. Selain mejaya-jaya, Giri Prasta juga menerima Surat Keputusan (SK) sebagai Ketua Umum DPD PSPS Bakti Negara Provinsi Bali Periode Tahun 2016-2021. Mendampingi Giri Prasta, sebagai Ketua Harian yakni I Bagus Alit Sucipta, SH.

Usai mejaya-jaya dan menerima SK, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan, pada masa kepemimpinannya, ia akan melakukan evaluasi terhadap organisasi, dan bagaimana mempermulakan  untuk mengembalikan kejayaan Bakti Negara yang pernah  diraih bersama sama. Dalam melaksanakan programnya kedepan Giri prasta sudah memiliki setrategi untuk memberikan motivasi bagi anak-anak tingkat SD untuk memunculkan atlet-atlet berbakat.

“Kami akan gerakkan mulai tingkat Sekolah SD, tingkat Banjar dan nanti kami juga gerakkan ranting di Desa sehingga betul-betul muncul atlit-atlit yang tangguh,” tegasnya.

Baca Juga :  Porsenijar Badung 2024 Resmi Ditutup, Disdikpora Siapkan Atlet untuk Porjar Bali

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan seni pencak silat khususnya bakti negara ini juga akan digerakkan melalui senam lantai untuk menghasilkan kelenturan.

“Kedepan betul-betul kami akan bina, sehingga mampu menunjukkan prestasi baik ditingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan tingkat Dunia,” imbuhnya.

Prestasi yang diraih oleh Bakti Negara selama ini tidak terlepas dari peranan para dewan pendekar, para penglisir yang telah wariskan Perguruan Bakti Negara ini. Sebagai generasi muda dan penerus wajib hukumnya kami harus melakukan hal-hal yang sama untuk meraih apa yang pernah diraih untuk menjadi juara dunia dan mempertahankan nama bakti negara di kancah dunia.

“Inilah tanggungjawab sepenuhnya Giri Prasta selaku Pimpinan Bakti Negara Bali, untuk Periode 2016-2021,” terangnya.

Ditambahkan dimasa kepemimpinannya, Giri Prasta akan memfokuskan olahraga  seni Pencak Silat Bakti Negara ke masyarakat.

“Sesuai dengan nama Bakti Negara kita wajib harus berbakti dengan Negara, wajib hukumnya dan loyal kepada Perguruan dan tidak boleh keluar dari apa yang menjadi keputusan perguruan itu. Tegas, tegak lurus, sebagai jiwa bahwa di Bakti Negara ini jiwanya Pancasila, Pencak Silat budayanya betul-betul Budaya Bali,” tegas Giri Prasta.

Sementara itu Ketua Lembaga Dewan Pendekar Pusat PSPS Bakti Negara I Bagus Alit Dira mengatakan kegiatan mejaya-jaya ini merupakan langkah spiritual bagi pengurus yang baru. Diharapkan kepada pengurus baru agar apa yang telah dikerjakan oleh pengurus yang terdahulu agar dilanjutkan oleh pengurus sekarang. Tugas pengurus baru sama dengan tugas pengurus yang lama yaitu mewujudkan Perguruan ini tetap ajeg, juga prestasi dapat tetap dipertahankan dan yang tidak kalah pentingnya kekeluargaan agar tetap berjalan. Dijelaskan prestasi yang diraih Perguruan bakti Negara saat PON dengan meraih 2 emas.

Baca Juga :  Karya Ngenteg Linggih di Pura Sang Hyang Landu Gelagah Puwun Desa Kekeran

“Syukur tradisi dari PON ke-8 hingga PON terakhir ini kita tetap berhasil membawa medali emas,” tambahnya. (humasbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melakukan upacara mejaya-jaya sebelum dilantik menjadi Ketua Umum DPD PSPS Bakti Negara Provinsi Bali yang dilaksanakan Keluarga Besar IPSI Bali di Pusat Wiyata Mandala Bakti Negara, Desa Batumekaem Ubung, Selasa (29/11/2016).

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News