BALIPORTALNEWS.COM – Dalam upaya pencegahan terhadap penyakit kanker di Denpasar sejak dini dan mendukung Kota Denpasar bebas kanker serviks tahun 2020, Pemerintah Kota Denpasar sudah melaksanakan pembinaan, penyuluhan, dan mengadakan lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) di sekolah-sekolah SD, SMP dan SMA/SMK. Untuk itu saat ini sekolah-sekolah yang memperoleh juara terbaik di tingkat Kota Denpasar di nilai oleh Tim PKTP tingkat Provinsi Bali, Jumat (4/11) di halaman SMP Wisata Sanur.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra menerima dan menyambut langsung Tim PKTP Provinsi Bali, yang pada kesempatan ini dipimpin oleh Prof. dr. W Suardana, sekaligus menyerahkan buku profile sekolah.

Hadir juga pada kesempatan ini Direktur Rumah Sakit Daerah Wangaya Kota Denpasar Dr. Setiawati Hartawan, Camat Denpasar Selatan, A.A. Gede Risnawan, Kepala SD  29 Pemecutan, Ni Made Puspawati, Kepala SMP Wisata Sanur, Gusi Made Raka dan Kepala SMKN 2 Denpasar, I Wayan Sarjana.

Yayasan Kanker Indonesia Kota Denpasar selama ini sudah mengupayakan penanggulangan kanker dengan menyelenggarakan kegiatan di bidang promotif, preventif dan suportif serta mengembangkan organisasi internal di cabang dan meningkatkan hubungan eksternal dengan mitra yang bergerak di bidang sejenis seperti dengan K3S Kota Denpasar dan lembaga lainya. Demikian disampaikan Ketua Yayasan Kanker Indonesia Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra.

Selama ini YKI Kota Denpasar sudah memberi pelayanan kepada masyarakat, dimulai dari program diteksi dini (pap smear, IVA. sadari dan CBE) dan juga sudah memberikan vaksinasi kanker cervik secara gratis kepada anak siswi kelas 1 SMP Negeri se-Kota Denpasar dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Denpasar serta puskesmas se-Kota Denpasar, dengan jumlah siswi yang divaksin pada 2013 sebanyak 2.998 orang, tahun 2014 sebanyak 3.302 orang, tahun 2015 sebanyak 3.502 orang dan tahun 2016 sebanyak 2.134 orang.

Untuk masyarakat umum Kota Denpasar yang sudah divaksin sampai tahun 2016 ini sebanyak 13.320 orang dengan cara mandiri. Dimana pembinaan PKTP di Denpasar sudah dilaksanakan di desa-desa setiap Kecamatan di Denpasar dan sekolah-sekolah, dan untuk kali ini sekolah yang mengikuti lomba merupakan sekolah yang mendapat juara terbaik di tingkat Kota Denpasar tahun 2016 ini, yakni SDN 29 Pemecutan Denpasar, SMP Wisata Sanur Denpasar dan SMKN 2 Denpasar, dikarenakan sekolah-sekolah ini sangat mendukung program PKTP.

Sementara Ketua Tim PKTP Provinsi Bali, Prof. dr. W Suardana mengatakan, permasalahan kanker merupakan permasalahan yang mengglobal. Program PKTP ini menjadi program unggulan dari Yayasan Kanker Indonesia di daerah Bali, sebagai upaya meningkatkan pengertian dan kesadaran masyarakat melalui anak-anak sekolah yang diharapkan akan menjadi agen perubahan dilingkungannya terutama di lingkungan keluarga.

Program PKTP ini diharapkan pula supaya tidak dilaksanakan pada saat lomba saja melainkan untuk bisa dilaksanakan secara berkelanjutan.(tis/bpn/hmsdps)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini