BALIPORTALNEWS.COM – Dengan tema “Satukan Langkah Untuk Negeri” peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Badung berlangsung dengan khidmat.

Peringatan Hari Pahlawan merupakan momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan.

Semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun bangsa. Demikian sambutan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsa, yang dibacakan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat menjadi Inspektur Upacara pada Apel Peringatan Hari Pahlawan tahun 2016 di Lapangan Pusat Pemerintahan, Mangupraja Mandala, Kamis (10/11/2016).

Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan ini diisi berbagai kegiatan yang bisa diambil makna yang terkandung didalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan seperti taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para Pahlawan bangsa.

Dengan satu tekad dan ketulusan untuk bersama-sama saling bahu membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong maka Bangsa Indonesia akan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda dan dapat menjadi bangsa “Pemenang” mampu bersaing dengan bangsa dan negara lain.

Ditegaskan pula bahwa dengan tema yang diambil mengandung pesan bagi masyarakat Indonesia untuk bersatu dalam kebersamaan dan persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri ini, serta diharapkan mampu membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air dalam bingkai NKRI.

Seuasai apel Bupati Giri Prasta mengungkapkan, amanat yang disampaikan Menteri Sosial RI sangat relevan bahwa setelah berdaulat, kita juga perlu berjuang untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya, untuk itu maka apa yang dijadikan pesan oleh para pahlawan akan tetap ditanamkan bagi generasi mendatang, sehingga nilai-nilai dari kebangsaan bisa diterapkan guna menunjukkan jati diri dan karakter bangsa.

“Untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur juga perlu ditanamkan jiwa patriotik, kedisiplinan, kesetiaan kepada nusa dan bangsa serta tetap bekerja keras,” tegas Giri Prasta.

Hadir dalam peringatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Badung Putu Parwata, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Sekda. Badung Kompyang R. Swandika, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Veteran Kabupaten Badung serta para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung. (hmsbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama Wabup Suiasa berfoto dengan para veteran usai Apel Peringatan Hari Pahlawan tahun 2016 di Lapangan Pusat Pemerintahanm, Mangupraja Mandala, Kamis (10/11/2016).

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini