BALIPORTALNEWS.COMBupati Badung I Nyoman Giri Prasta kembali menggelontor dana hibah secara langsung kepada masyarakat. Kali ini Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan hibah Tahun Anggaran 2016 kepada masyarakat di Desa Adat Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Minggu (6/11/2016) di depan Pura Desa lan Puseh, Desa Adat Mengwitani.

Besarnya bantuan yang diserahkan mencapai Rp. 2.845.000.000,-.

Acara tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Camat Mengwi I Gst. Ngr, Gede Jaya Saputra beserta Tripika Kecamatan Mengwi, serta Krama Desa Adat Mengwitani.

Bendesa Adat Mengwitani I Putu Wendra didampingi Perbekel I Putu Sumardita,  menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Badung dan Pemkab Badung yang telah memberikan bantuan dana yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan di Pura Khayangan Tiga, di Banjar-banjar maupun untuk mensuport sekaa-sekaa seni lainnya di Desa Adat Mengwitani.

“Kami atas nama krama Desa Adat Mengwitani berterima kasih kepada Bapak Bupati. Semoga melalui kucuran dana ini akan mampu meningkatkan pembangunan dan kegiatan seni budaya di Desa Adat Mengwitani,” tambahnya.

Bantuan dana yang diserahkan kepada Desa Adat Mengwitani terdiri dari bantuan untuk Banjar Adat Jumpayah 700 Juta, PKK Sekaa Kidung Banjar Jumpayah 175 Juta, Pura Kahyangan Anyar di Banjar Adat Dajan Peken 1,6 M, Pembangunan Banjar Adat Loda Pura 200 Juta, Pura Mrajepati Setra Gandamayu Pupuan 100 juta, Yowana Putra Waringin Banjar Adat Dukuh Gong 25 juta, Bhakti Negara Ranting Nyuhgading 25 juta dan Sekaa Gong Anak-Anak Banjar Adat Panca Warga 20 juta. Total bantuan dari dana hibah 2.845.000.000,-.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menekankan, bahwa Pemkab Badung telah memiliki RPJMD Semesta Berencana 2016-2021.

Terdapat lima bidang menjadi skala prioritas yang berkaitan dengan kebutuhan dasar masyarakat Badung. Terdiri dari sandang, pangan, papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, pelestarian seni, adat, agama dan budaya serta pariwisata. Dijelaskan, dibidang kesehatan, masyarakat di beri Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Badung Sehat, seluruh biaya berobat akan ditanggung penuh pemerintah.

Di pendidikan, kelas 6 SD akan diberikan laptop, sedangkan di tahun 2017 murid baru SD kelas 1 dan SMP kelas 1 diberi seragam lengkap. Dan dipastikan mulai 2017 tidak ada pungutan di sekolah. Dibidang seni, adat, agama dan budaya, diprioritaskan pembangunan di pura khayangan tiga termasuk mendukung pembangunan di Pura Paibon. Sekaa-sekaa seni di banjar-banjar akan diberdayakan. Bupati juga mengakui masih ada masyarakat Badung yang masih menyandang status Rumah Tangga Miskin (RTM).

 Untuk itu mulai tahun 2017 akan dibantu per orang Rp. 50 juta, dan diharapkan RTM di Badung tuntas di 2018.

Mengenai bantuan dana hibah ini kata Bupati, bantuan hibah ini merupakan kebijakan Pemkab Badung bersama DPRD Badung dalam upaya program percepatan pembangunan di Kabupaten Badung.

“Kami Pemkab bersama Dewan berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Badung,” terangnya.

Kepada masyarakat pengguna hibah, Bupati mengharapkan dapat memanfaatkan sesuai dengan tatanan regulasi dan aturan yang berlaku.

“Pemanfaatannya harus by name by address, yang mana dibantu itu harus dibangun, tidak boleh dialihkan kepada yang lain,” jelasnya.

Diharapkan, penggunaanya harus selesai di bulan Desember ini. Demikian pula untuk pelaporannya, Bupati mewajibkan sudah ada laporan pertanggungjawaban pada tanggal 10 Januari 2017 nanti. (hmsbadung/bpn)

Keterangan Foto : Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Anggota DPRD Badung I Nyoman Satria menyerahkan bantuan hibah Tahun Anggaran 2016 kepada masyarakat di Desa Adat Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Minggu (6/11/2016) di depan Pura Desa lan Puseh, Desa Adat Mengwitani.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini