BALIPORTALNEWS.COMPemerintah Kabupaten Badung terus berbenah secara intens untuk meningkatkan kualitas aparatur pemerintahan.

Melalui Uji kompetensi dan potensi Aparatur Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen mewujudkan Birokrasi yang profesional. Birokrasi pemerintahan dilingkungan Pemkab Badung diharapkan para aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemkab Badung memiliki kemampuan pikir yang tinggi serta inovasi dalam mendukung pencapaian 3 tujuan penyelenggaraan pemerintahan didaerah yakni terwujudnya kesejahteraan masyarakat, peningkatanan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah yang meningkat. demikian diungkapkan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melalui Kabag Humas Pemkab Badung AA Gde Raka Yuda disela-sela pelaksanaan uji kompetensi pejabat administrasi (eselon III) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung di ruang pertemuan BKD Diklat Kabupaten Badung. Kamis (17/11/2016).

Kabag Humas Badung Raka Yuda menjelaskan, bahwa kegiatan uji komptensi kali ini diikuti oleh 164 pejabat setara eselon III yang meliputi para kepala bagian, para sekretaris, Camat, para kepala bidang serta sekretaris kecamatan di kabupaten Badung. Pelaksanaan kegiatan uji potensi dan kompetensi ini dilakukan sejak 14 hingga 18 november 2016 dan dibuka oleh kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kabupaten Badung I Gd Wijaya. Adapun agenda kegiatan Uji. Kompetensi yang diawali dengan  test potensi, Test Psikologi oleh. LPT Psiko Unud selama 2 hari kemudian dilanjutkan dnegan Test wawancara  juga oleh lpT Psiko Unud, selanjutnya dilakukan test Tertulis meliputi Aspek Good Governance dan pelayanan publik, aspek administrasi keuangan, aspek hukum, aspek komunikasi dan informasi serta aspek pertanian dalam arti luas serta aspek sosial, politik, budaya dan aspek Pariwisata serta dilanjutkan dengan wawancara terkait kemampuan kompetensi.

Kepala BKD Gede Wijaya saat pembukaan mengatakan bahwa tujuan kegiatan Uji Kompetensi dan potensi ini guna dapat mengetahui potensi dan kompetensi juga untuk  mengetahui profil Pejabat Administrasi sebagai dasar kaderisasi kepemimpinan dan pengembangan karier, sedangkan bagi PNS yang bersangkutan, penilaian potensi dan kompetensi ini akan memberikan gambaran tentang potensi dan kompetensi yang dimilikinya sehingga yang bersangkutan dapat merencanakan pengembangan dirinya sendiri atau merencanakan kariernya sendiri.

Kegiatan Uji Potensi dan Kopetensi ini BKD Kabupaten Badung melakukan kerjasama dengan Universitas Udayana, dan dari pihak Unud dengan kordinator pengujinya Prof. DR. Wayan. Gede Supartha, SE, SU.dengan anggota Tim pewawancara antara lain, DR. Iwayan Suana , SE, MM, Kadek sarna, SH, Mkn, Ir, I gusti Putu Suparsa dan lainnya.

Gd Wijaya juga mengungkapkan bahwa Birokrasi pemerintahan memiliki peran yang strategis dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Badung. Selain itu, Birokrasi pemerintahan yang berkualitas  adalah penopang bagi pencapaian manajemen pemerintahan yang akuntabel. Sebab kualitas aparatur pemerintahan menjadi kunci bagi terbangunnya kembali kepercayaan masyarakat dalam rangka  mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. 

Oleh karena itu, pengembangan kualitas sumber daya aparatur pemerintahan mengandung  misi utama diantaranya ,mengembangkan etika birokrasi danbudaya kerja yang transparan, akuntabel, peka dan tanggap terhadap aspirasi masyarakat dan mewujudkan sistem manajemen pelayanan publik yang cepat, tepat dan memuaskan.

Oleh karenanya Bapak Bupati dengan dukungan dewan akan  secara terus menerus meningkatkan kualitas aparatur pemerintahan melalui diklat baik teknis maupun diklat fungsional,” pungkasnya. (hmsbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Pejabat Eselon III saat mengikuti Uji Potensi dan Kompetensi di ruang pertemuan BKD Diklat Kabupaten Badung. Kamis (17/11/2016).

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini