BALIPORTALNEWS.COM Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendara, Denpasar, menggelar penyuluhan literasi media bagi bagi kalangan pelajar, Sabtu (22/10/2016) di Puspem Badung. Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didapuk untuk membuka kegiatan yang diikuti perwakilan siswa SMA/SMK se-Badung.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor III Universitas Dwijendara, Drs. Ida Bagus Rai, M.Pd, Dekan Faklutas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra Drs. I Wayan Kotaniartha, SH, MH. Segenap Civitas Akademika Universitas Dwijendra pun turut hadir pada kesempatan tersebut.

Dalam sambutannya Kotaniartha menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak atas terselenggaranya kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra. Secara khusus pula ucapan terima kasih disampaikan kepada Wabup Suiasa yang berkenan hadir.

Penyuluhan literasi media bagi siswa SMA/SMK bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama kalangan generasi muda.  Sebab, katanya, bagaimanapun ada hal-hal yang perlu dikritisi tentang media, sehingga tidak terbuai dengan tayangan-tanyang yang ada di media. “Harapnya supaya masyarakat lebih cerdas,” katanya.

Tak jauh berbeda Wakil Rektor III Universitas Dwijendara, Ida Bagus Rai juga mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah bahwa Fakultas Ilmu Komunikasi ingin turut mencerdaskan masyarakat, memperluas wawasan khususnya bagi kalangan generasi muda.

“Di era perkembangan dunia massa, baik media penyiara, media penyaiaran, cetak, dan dinamisnya media sosial, telah memberi nilai tambah bagi perkembangan dunia pendidikan. Namun kenyataan juga sangat potensial menimbulkan efek negatif, lihat saja berbagai konten yang tidak mendidik. Karenanya dengan lietrasi media ini sekiranya dapat membangkitkan kesadaran kita melek media, sekaligus mampu menyaring efek negatif dari media massa,” ucapnya.

Sementara Wabup Suiasa mengapresiasi kegiatan literasi media tersebut. “Saya pikir sekarang kita masuk era global dan era teknologi, dan media sebagai ujung tombang paling runcing dalam perkembang sekarang ini. Karena itu kita tidak boleh lepas dan ketinggalan informasi,” ucapnya.

Tentu saja Wabup Suiasa menekankan informasi yang positif, sedangkan hal-hal negatif harus disaring.  

“Pembentukan karakter masyarakat bisa dibangun melalui media, karena media berperan penting membangun karakter bangsa. Walau demikian, masyarakat juga harus cerdas memilih,” tegasnya sekali lagi.

Wabup Suaisa kepada para kalangan pelajar, peserta dalam kegiatan leterasi media, berpesan agar dapat mengikuti penyuluhan sebaik-baiknya. “Kepada adik-adik kita pergunakan sebaik-baiknya kegiatan ini, jangan hanya sekedar karena diperintah sekolah, kegiatan ini sangat penting,” pesannya. (hms badung/bpn)

 

Keterangan Foto : Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa disaat membuka penyuluhan literasi media bagi bagi kalangan pelajar, Sabtu (22/10/2016) di Puspem Badung.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini