BALIPORTALNEWS.COM – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, rutin setiap tahun menggelar lomba debat bahasa Inggris. Kali ini, lomba debat bahasa Inggris tingkat SMA digelar di SMAN 2 Denpasar selama dua hari, Sabtu (1/10/2016) dan Minggu (2/10/2016).

Hasilnya, tim debat SMAN 4 Denpasar berhasil menjadi juara I.  Sementara juara II diraih tim SMAN 1 Denpasar, juara III SMAK Harapan dan peringkat Harapan I ditempati tim SMAN 2 Denpasar.

SMAN 4 Denpasar berhasil menggulingkan 22 tim SMA lainnya se-Kota Denpasar, setelah difinal bertemu dengan tim SMAN 1 Denpasar. Selain menetapkan juara tim juga menetapkan tiga the best speaker.

Baca Juga :  Bupati Ajak Sekaa Teruna Perkuat Rasa Menyama Braya

Predikat the best speaker I diraih Thio Jesslyn Angelina dari SMAN 4 Denpasar. Di susul the best speaker II dan III diraih Ayu Bintang Rena dan Laksmita Ayu Hapsari siswa SMAN 1 Denpasar.

Piala dan penghargaan kepada pemenang diserahkan Kasi Kurikulum Dikmen Ni Made Tirta Ariantini, S.Pd., M.Pd.

Tirta Arianiti mengungkapkan, sistem debat menggunakan sistem Australia. Sistem Australia itu dibagi ke dalam dua kelompok, kelompok afermatif dan kelompok negatif. Kelompok afermatif adalah kelompok yang setuju sedangkan kelompok yang negatif adalah yang tidak setuju.

Baca Juga :  Bupati Badung Pantau Abrasi di Pantai Kuta

‘’Jadi, sistemnya seperti parlemen di Australia. Sistem ini dipilih karena lebih sederhana dan paling familier,’’ terangnya.

Kabid Pendidikan Menengah Disdikpora Kota Denpasar, Drs. Wayan Supartha, M.Pd., menyampaikan selamat kepada pemenang debat bahasa Inggris tingkat SMA tahun ini. Ia menyebutkan, tujuan utama kegiatan ini yaitu melatih para siswa SMA berpikir secara kritis terhadap isu yang saat ini sedang berkembang.

Lebih dari itu, kata Supartha, event ini untuk menjaring siswa terbaik untuk nantinya disiapkan mengikuti ajang serupa di tingkat Provinsi Bali, nasional dan internasional. Karenanya, lomba debat bahasa Inggris ini menjadi sarana yang ditunggu oleh siswa, khususnya mereka yang suka berdebat bahasa Inggris.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta : Yadnya, Menyeimbangkan Alam Sekala dan Niskala

“Astungkara, duta Kota Denpasar setiap tahun berhasil meraih juara di tingkat Provinsi Bali bahkan sampai tembus tingkat internasional,” pungkasnya. (tis/bpn)

 

Keterangan Foto : PIALA – Kasi Kurikulum Dikmen Ni Made Tirta Ariantini, S.Pd., M.Pd., menyerahkan piala kepada peraih the best speaker lomba debat bahasa Inggris tingkat SMA yang digelar Disdikpora Kota Denpasar.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini