BALIPORTALNEWS.COMGubernur Bali Made Mangku Pastika memperkenalkan Sekolah Bali Mandara kepada para peserta World Hindu Wisdom Meet yang rencananya akan digelar di Bali pada tanggal 9 Oktober mendatang. Para peserta yang direncanakan akan berasal dari Indonesia dan negara-negara tetangga tersebut diharapkan berkesempatan untuk mengunjungi sekolah kebanggan Pemprov Bali tersebut.

Hal itu disampaikannya ketika menerima audiensi dari panitia acara yang tergabung dalam organisasi World Hindu Parisad yang dipimpin oleh Ida Pedanda Sebali Tianyar Arimbawa di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Bali, Selasa (4/10/2016).

Terlebih tema yang diusung pada acara yang akan dilaksanakan di Taman Budaya Denpasar  bertajuk “Hindu Contribution To The World Culture and Science”memang menitikberatkan dunia pendidikan dan kebudayaan.

“Saya ingin nanti ada transfer ilmu antara peserta dan para murid di sana, khususnya di bidang ilmu agama,” tuturnya pada pertemuan yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Prov Bali Dewa Putu Beratha, Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Bali I Gede Darmawa, Kepala Biro Humas Setda Bali I Dewa Gede Mahendra Putra serta perwakilan dari Biro Kesejahteraan Rakyat Prov Bali.

Lebih jauh Pastika menjelaskan tentang transcendental meditation beserta flying yoga yang didalami para siswa di sekolah yang terletak di Kubutambahan, Buleleng tersebut. “Saya ingin para peserta Summit bisa menyaksikan aksi yoga terbang yang dilakukan para siswa, karena saya yakin peserta juga kebanyakan berasal dari India,” imbuhnya.

Di lain sisi, orang nomor satu di Bali itu juga berharap digelarnya acara ini di Bali akan bisa membangun jaringan dengan sesama masyarakat Hindu dari seluruh belahan dunia. “Karena bagaimanapun ke depan saya ingin Bali bisa menjadi pusat Hindu dunia, karena selain ditunjang falsafah agama dari India, Hindu di Bali juga dilengkapi dengan kebudayaan yang sudah mengakar di masyarakat, sehingga kolaborasi itu membentuk keunikan tersendiri,” kata dia.

Sementara itu, Ida Pedanda Sebali Tianyar Arimbawa sangat mengapreasiasi dukungan Gubernur pada organisasiWorld Hindu Parisad (WHP) yang telah berdiri selama sekitar tiga tahun terakhir ini. Menurutnya, tanpa inisiatif Gubernur Pastika, ia meyakini organisasi ini tidak akan pernah berdiri.

Tujuan WHP sendiri adalah untukmenyatukan semua organisasi yang bernafaskan Hindu di dunia dalam rangka mengkoodinir aktivitas pelayanan dan kemanuasiaan masing-masing anggota serta untuk menyebarluaskan nilai-nilai Dharma secara global.

Dalam event tersebut pihaknya mengakui telah mengundang tiga pembicara, 2 pembicara dari India yaitu Paramananda Saraswati Mahardja dan Prof SK Oja dari Mumbai University serta satu pembicara dari Bali yaitu Ngakan Putra.

Ia menyatakan jika acara pertemuan yang akan digelar di Taman Budaya Denpasar tersebut akan dihadiri oleh tokoh-tokoh Hindu dari seluruh dunia.

Mengenai undangan Gubernur Pastika untuk mengunjungi SMA/SMK Bali Mandara, pihaknya mengakui akan menjadwalkan ulang. Semula diakui di hari kedua akan diadakan Tirta yatra, namun setelah tawaran ke sekolah tersebut, Ia mengakui ketertarikannya untuk mengunjungi sekaligus ikut mengenalkan sekolah itu pada peserta yang datang dari berbagai negara. (hms prov bali/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini