BALIPORTALNEWS.COM Memiliki kemiripan budaya dan persamaan mayoritas agama yang dipeluk masyarakat Bali dan India yaitu Hindu, menguatkan ikatan emosional antara India dan Bali, khususnya Kabupaten Gianyar. Atas kesamaan itu, Kabupaten Gianyar dan India akan lebih meningkatkan berbagai kerjasama terutama pendidikan, seni budaya dan teknologi. Hal itu terungkap saat kunjungan Konsulat Jenderal India di Bali, RO Sunil Babu ke Kabupaten Gianyar. RO Sunil Babu beserta rombongan diterima langsung Bupati Gianyar,AA. Gde Agung Bharata di Kantor Bupati Gianyar, Jumat (21/10/2016).

Konjen Sunil Babu menjelaskan saat ini Pemerintah India memiliki program beasiswa penuh yang menawarkan 600 mata kuliah dengan waktu 2 hingga 3 bulan, namun hingga saat ini peserta dari Bali hanya 1 orang sisanya berasal dari daerah lain di Indonesia. Februari 2017 mendatang Konjen India di Bali akan menggelar pameran pendidikan di Bali untuk mensosialisasikan sistem pendidikan di India dengan diikuti 15 universitas dari seluruh India.

Suni Babu menambahkan pihaknya kerap kali menggelar pertunjukan seni dan budaya kolaborasi antara Bali dengan India dan berharap bisa berkolaborasi dengan seniman Kabupaten Gianyar.

Bupati Gianyar, AA. Gde  Agung Bharata, SH menyatakan  ketertarikannya atas keberhasilan India dibidang pendidikan, budaya dan teknologi terutama tentang teknologi operasi katarak dengan mikroinsisi.

Bupati Gianyar, Agung Bharata menyambut baik program beasiswa yang ditawarkan Pemerintah India. Pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait mengenai pelaksanaan seleksi peserta beasiswa terutama dalam mensosialisasikaannya. Sehingga banyak dari masyarakat yang mengetahui dan memanfaatkan kesempatan beasiswa tersebut. Bupati Gianyar yakin banyak dari pelajar Kabupaten Gianyar yang memiliki kompetensi baik dibidang pendidikan dan mampu bersaing dengan pelajar dari daerah lain.

Terkait kerjasama dibidang seni dan budaya, Bupati Gianyar, Agung Bharata berharap kedepan dapat menfasilitasi kolaborasi antara seniman Kabupaten Gianyar dengan seniman India. Seperti kerjasama yang telah dilakukan beberapa waktu lalu dengan para seniman India yang sempat dipentaskan di Balai Budaya Gianyar. (hms gianyar/bpn) 


Keterangan Foto : Konsulat Jenderal India di Bali, RO Sunil Babu (kiri) kunjungi Gianyar jajaki kerjasama dengan Bupati Gianyar,AA. Gde Agung Bharata di Kantor Bupati Gianyar, Jumat (21/10/2016).

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini