BALIPORTALNEWS.COM – Festival Kerambitan II bertema “Vasudeva Kutumbakam” Living in Peace and Harmony, dijadwalkan akan dibuka Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Jumat (7/10/2016). Kegiatan di Lapangan Umum Kerambitan itu akan berlangsung hingga 9 Oktober 2016.

Festival kali ini menampilkan berbagai kreasi seni budaya hingga kuliner khas desa. Bahkan sehari sebelum pembukaan, Kamis (6/10/2016) malam, warga dihibur pagelaran wayang cenk blonk.

Camat Kerambitan, I Gede Sukanada, mengatakan, masyarakat Kerambitan sebagian besar hidup bertani, sehingga Kecamatan Kerambitan tumbuh dan berkembang jadi salah satu sentra pertanian di Kabupaten Tabanan. Kehidupan berkesenian juga terpupuk dengan baik, terbukti dua kesenian yang sudah mendunia yakni okokan dan tektekan berkembang di Kerambitan.

“Kedua aspek inilah yang membentuk karakter masyarakat Kerambitan yang mempunyai semangat dalam mewujudkan harmonisasi dalam tatanan masyarakat yang menjungjung kearifan local,” ucapnya.

Festival kali kata dia sedikitnya 450 seniman akan tampil dalam pagelaran seni budaya. Tema yang diambil dalam festival kali ini “Vasudeva Kutumbukam” Living in Peace and Harmony, yang berarti kita semua adalah bersaudara.

“Misi lain di samping melestarikan seni budaya, juga meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kecamatan Kerambitan,” ujarnya.

Adapun berbagai kegiatan dalam festival tahun ini, antara lain pawai obor, pagelaran seni budaya, lomba kesenian dan tektekan, lomba mewarnai, color run, hingga hiburan rakyat. Yang jadi even unggulan adalah pesta kuliner rasa desa. (ita/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini