BALIPORTALNEWS.COM – SMPN 3 Denpasar, kamis (6/10/2016) mendapat kunjungan istimewa para delegasi Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO). Kunjungan para delegasi yang terdiri dari perwakilan Kementerian Pendidikan dari negara-negara ASEAN dan Timor Leste itu serangkaian pertemuan konsultasi PAUD dan pendidikan keluarga di Bali.

Delegasi SEAMEO yang didampingi Direktur Pembinaan PAUD Kemendikbud, R. Ella Yulaelawati R., M.A., Mh.D., diterima Kepala SMPN 3 Denpasar, I Wayan Murdana, S.Pd., M.Psi., dan Ketua Komite SMPN 3 Denpasar, Drs. IGB Artanegara, S.H., M.H., M.Pd. Kunjungan ke SMPN 3 Denpasar bertujuan untuk melihat dari dekat pola pendidikan yang diterapkan SMPN 3 Denpasar, karena sekolah ini ditetapkan pemerintah pusat sebagai percontohan implementasi pendidikan keluarga.Rombongan SEAMEO disambut dengan yel-yel hidup bersih dan pendidikan keluarga oleh siswa SMPN 3 Denpasar. Saat itu juga ditampilkan koor pendidikan keluarga dan pentas story telling.

Kepala SMPN 3 Denpasar, Wayan Murdana memberikan penjelasan tentang profil sekolah yang dipimpinnya. Ia mengungkapkan, kunjungan para para delegasi yang terdiri dari perwakilan Kementerian Pendidikan dari negara-negara ASEAN dan Timor Leste ini sangat bermanfaat bagi SMPN 3 Denpasar dalam menerapkan pendidikan keluarga.
Menurut Murdana, pendidikan keluarga sangat dikuatkan di SMPN 3 Denpasar. Polanya dengan membangun sinergisitas trisentra pendidikan, yakni di sekolah, keluarga dan di masyarakat sebagai suatu ekosistem pendidikan. Ini yang dia sebut keberhasilan pendidikan tak hanya di sekolah, namun keluarga sangat berperan dalam pendidikan.

Pendidikan keluarga di SMPN 3 Denpasar, kata Murdana dimulai dari pelaksanaan MPLS dengan mengundang para orang tua siswa baru. Juga dilangsungkan seminar pola asuh anak. Di bidang sosial mengadakan bedah rumah dan bedah warung bersama siswa, alumni dan orang tua siswa serta setiap Sabtu menggelar yoga bersama siswa dan orang tua.
Kepada delegasi SEAMEO, Murdana juga menegaskan, bahwa sekolahnya dengan akreditasi A (97,00) memiliki segudang siswa cerdas dan prestasi. Dua siswa cerdas SMPN 3 Denpasar I Made Dika Damanata dan I Kadek Hari Kesuma meraih medali perunggu di ajang LPSN. Termasuk prestasi siswa di bidang film dokumenter yang menembus Organitation Word Heritage City (OWHC) di Paris.

Saat itu, Murdana juga memaparkan terobosan SMPN 3 Denpasar bidang lingkungan. Di antaranya, keberadaan bank sampah Restu Bumi Alam, pengolahan air limbah kamar mandi untuk menyiram kebun sekolah dan yang teranyar adalah menampung air hujan untuk menyiram tanaman sekolah.

Direktur Pembinaan PAUD Kemendikbud, R. Ella Yulaelawati dan para delegasi SEAMEO memuji implementasi pendidikan keluarga yang dilakukan SMPN 3 Denpasar. Ella dan rombongan delegasi SEAMEO mengaku senang berada di SMPN 3 Denpasar karena nuansa sekolahnya ditata apik.

Dengan demikian memunculkan suasana yang menyenangkan, segar dan hijau. Makanya, ia mengatakan SMPN 3 Denpasar adalah sekolah berprestasi, berbasis lingkungan, pendidikan keluarga dan termasuk sekolah Adiwiyata Nasional. Lewat percontohan pendidikan keluarga ini, SMPN 3 Denpasar diharapkan bisa mengimbaskan model pendidikan keluarga kepada sekolah lain. (tis/bpn)


Keterangan Foto : CENDERAMATA – Kasek Wayan Murdana menyerahkan cenderamata kepada perwakilan delegasi SEAMOE saat mengunjungi SMPN 3 Denpasar, Kamis (6/10/2016)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini