BALIPORTALEWS.COM – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menerima kunjungan tamu dari Taiwa Seiki Corporation, yang dipimpin President Roychi Takai beserta rombongan, Selasa (18/10/2016). Kedatangan tamu dari Toyama, Jepang itu dalam rangka mempererat kerja sama yang telah terjalin, khususnya terkait pembangunan sumber energi listrik micro hydro di Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan.

Bupati Eka berharap agar kunjungan ini menjadikan hubungan antara Pemerintah Toyama, Taiwa Seiki Corporation dengan Pemkab Tabanan semakin harmonis. “Semoga hubungan yang makin harmonis dan kerja sama yang sedang dirintis dapat diwujudkan dalam rangka membangun sumber energi listrik mikro hidro di Tabanan, khususnya di Jatiluwih,” ungkapnya.

Bupati Eka juga mengapresiasi Taiwa Seiki Corporation atas perhatiannya dalam pelestarian budaya yang ada di Tabanan. Dikatakan bahwa ternyata Tabanan mempunyai kemiripan potensi dengan di Toyama, namun yang hanya dibedakan oleh kondisi klimatologis.

“Kemajuan teknologi Jepang mampu mengembangkan teknologi pertanian yang canggih berbasis tenaga listrik dan teknologi informasi. Juga disiplin masyarakat yang kuat, sehingga memiliki tingkat produktivitas yang kuat, memiliki tingkat produktivatis dan efisiensi yang tinggi, serta berkualitas,” ujarnya.

Sementara President Taiwa Seiki Corporation, Ryoichi Takai, mengatakan bahwa pihaknya telah mengunjungi Jatiluwih. Dia mengungkapkan kekaguman terhadap sistem terasering yang ada di Tabanan.

“Banyak kesamaan yang kami lihat antara Tabanan dan Toyama. Kami mengunjungi beberapa tempat di Tabanan dengan potensi yang luar biasa. Kami sangat terkesan melihat sistem terasering yang ada di Tabanan. Ke depan diharapkan kerja sama ini akan terus terjalin dengan baik” ujar Ryoichi. (ita/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini