Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra mendorong sekolah di Kota Denpasar mulai jenjang SD hingga SMA/SMK untuk membudayakan literasi sebagai langkah melahirkan generasi emas bangsa

‘’Budaya literasi sebagai suatu langkah yang dapat meningkatkan imajinasi dan memunculkan ide-ide baru untuk berkreativitas,’’ tegas Rai Mantra disela-sela perayaan HUT ke-27 SMAN 7 Denpasar, Kamis (1/9/2016).

Berdasarkan data statistik Unesco, kata Rai Mantra, indek minat baca Indonesia berada di urutan ke 64 dari 65 Negara yang diteliti. Artinya Indonesia baru mencapai 0,001 atau 1000 penduduk hanya 1 yang memiliki minat baca.

Sementara dari the World Most Literate Nations (WMNL), tingkat literasi tertinggi di dunia urutan satu Finlandia, sementara negara yang dijuluki creator seperti Amerika dan Jerman ada di posisi 7 dan 8, dan Indonesia ada di urutan ke 60 dari 61 negara yang diambil sampel ujinya.

Baca Juga :  Walikota Rai Mantra Buka Pekenan Lais Meseluk Densel

Dari hasil tersebut Rai Mantra mengatakan, Indonesia harus bekerja keras untuk meningkatkan minat baca para peserta didik dengan gerakan literasi sekolah (GLS).  Penerapan budaya literasi yang mana SMAN 7 Denpasar telah menjadi pilot project secara nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diharapkan dengan hal tersebut dapat menjadi suatu embrio untuk sekolah-sekolah di Kota Denpasar dapat menerapkan gerakan literasi sekolah tersebut.

Dengan menyediakan fasilitas membaca serta  disediakan pojok-pojok baca di masing-masing kelas akan meningkatkan pola pikir, kreativitas dan inovasi dengan membiasakan setiap hari membaca 15 menit sebelum pelajaran membaca buku nonpelajaran atau buku yang disukai, lalu menulisnya dalam bentuk resume.

Baca Juga :  Rai Mantra Paparkan Beragam Inovasi dan Terobosan Pembangunan Denpasar

“Ini merupakan suatu dasar untuk pembiasaan terlebih dahulu, budaya membiasakan harus dilakukan terus menerus untuk menciptakan generasi emas sebagai penerus bangsa,” pungkas Rai Mantra. (tis/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini